4 Dampak Buruk Media Sosial (fb,instagram,whatsapp) !

media sosial update

Sosial Media kebutuhan masyarakat jaman sekarang.

Siapapun pasti tidak asing lagi dengan istilah fb,ig,wa, dan lain sebagainya, hal tersebut sering menjadi tempat bagi banyak orang menghabiskan waktunya karena dianggap sangat menghibur. 

Sosial media mulai muncul di dunia pada peluncuran facebook tahun 2004 silam , namun kala itu facebook hanya bisa digunakan oleh beberapa orang saja , seiring berjalannya waktu ditambah perkembangan dunia internet atau IPTEK akhirnya facebook dikenal oleh banyak orang hingga saat ini facebook dapat digunakan dari usia muda bahkan lansia sekalipun. 

Facebook merupakan sebuah tanda besar dari perkembangan sosial media sesudah Friendster , setelah sekian lama berkembangnya facebook barulah mulai bermunculan sebuah platform sosial media yang baru seperti Whatsapp , Instagram , Line , We Chat dan lain sebagainya.. 


BACA JUGA : Cuma Upload Foto dan Video dapat Uang Begini Caranya !

Hal ini menandakan bahwasannya kebutuhan masyarakat dalam bidang sosial sangat tinggi , namun perlu diketahui sosial media hanya berlaku pada dunia maya bukan dunia nyata ! 

sosial media memang banyak memberi segudang manfaat pada kehidupan banyak orang , bahkan tidak sedikit yang menjadikan sosial media sebagai sarana penyambung hidup atau tempat mencari rezeki.

Namun , apakah sosial media dapat selalu memberikan dampak positif ? tentu saja tidak. oleh karena itu simak beberapa poin dibawah berikut

  • ANTISOSIAL 


Bukan hal yang aneh jika seseorang yang mengutamakan sosial media akan menjadi orang yang lebih tertutup di dunia nyata , hal ini dipicu karena seseorang tersebut lebih merasa aman dan nyaman di dunia maya beserta dengan hiburan yang tersedia tanpa batas. 

Namun , perlu diketahui seseorang yang sudah terkena dampak ini tentunya akan merugikan diri sendiri sebab pada dasarnya seorang manusia adalah mahkluk sosial yang berarti seorang manusia membutuhkan manusia lain dalam hidupnya agar terus dapat berkembang. 

Solusi utama yang perlu dilakukan dalam hal ini yaitu mengurangi frekuensi penggunaan sosial media , seperti contoh dalam sehari kamu menggunakan sosial media selama 4 jam , alangkah lebih baik kamu menguranginya menjadi 1-2 jam sehari , dan sisanya digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar kamu.

  • BERITA BOHONG ( HOAX )

Hoax merupakan sebuah kalimat yang sering terdengar beberapa tahun belakangan ini , bagi kamu yang sering membaca atau menonton berita di majalah , koran , tv dan sosial media pastinya sering sekali melihat kata 'HOAX'.

Hoax merupakan istilah bagi sebuah berita yang tidak benar keberadaannya atau dengan istilah lain 'berita bohong'. awal mulanya hoax bertujuan untuk memberi kejutan atau candaan kepada teman atau kerabat tertentu tentang suatu hal , namun pada saat ini hoax justru merambah ke berbagai lini , mulai dari entertainment , politik , bahkan edukasi !

Bagi kamu yang aktif menggunakan sosial media sebaiknya lebih peka terhadap kondisi yang ada , jangan mudah terprovokasi oleh suatu hal yang mengakibatkan kerugian pada diri sendiri.  beri penilaian kepada setiap konten bacaan yang kamu baca setiap kali menggunakan sosial media dan hindari hal hal yang negatif atau tidak penting sekalipun itu menghibur.

Dan tetap ingat apa yang kamu baca kapanpun dan dimanapun sebagian besar berpengaruh untuk membentuk sikap dan pola pikirmu , jadi gunakan sosial media sebaik mungkin ya guys !

  • KRIMINALITAS

Kriminalitas bukan hanya terjadi di dunia nyata saja, berbagai upaya tindak kriminalitas sudah merambah ke dunia maya dan tentu saja tempat utama terjadinya kriminalitas didunia maya adalah sosial media !

Sosial media yang pada dasarnya tempat bersilaturahmi dengan kerabat atau keluarga kini sudah terkontaminasi dengan adanya tindak penipuan, pencurian, bahkan pemerkosaan !
seperti contoh pertama bagi kamu yang sering berbelanja online lebih baik menggunakan methode rekber (Rekening bersama) dengan orang yang sudah terpercaya diakui banyak orang. 


BACA JUGA : Apa itu Carding ?

Atau bagi kamu yang sering berbelanja dengan kartu kredit / debit , lebih baik berbelanja diberbagai e-commerce yang sudah terbukti aman dan terjamin serta jangan mudah terkecoh oleh beberapa website yang memberitahu adanya kerusakan pada sistem kartu kredit / debit milik kamu dan meminta semua data kartu milik kamu , sebaiknya laporkan pada pihak yang bersangkutan pada kasus seperti ini. 

Contoh kedua bagi kamu yang baru berkenalan dengan seseorang sebaiknya lebih menjaga diri agar mengurangi tindak kriminalitas , apapun tindak kriminalitas itu terjadi faktor utamanya disebabkan karena kelalaian diri sendiria ataupun kurangnya kewaspadaan, So keep in safe guys !


  • MEMBUANG WAKTU



Ini poin yang paling sering dilakukan oleh anak muda bahkan orang tua sekalipun , sebenarnya poin ini turunan dari poin pertama yang sudah dijelaskan tentang 'Anti Sosial' sebagai dampak negatif dari sosial media.

Poin ini sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. misalkan saja kamu bermain sosial media atau game secara terus menerus otomatis akan banyak waktu yang terlewatkan padahal masih ada banyak hal lainnya yang perlu dilakukan , terlebih apabila kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang notabene harus mengutamakan tugas.

Banyak hal lainnya akan terlewat apabila kamu hanya fokus pada sosial media atau game seperti halnya percakapan antar keluarga atau lebih dikenal dengan istilah family time , ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan terlebih dari sini kamu bisa berbagi seputar masalah , tugas atau apapun itu kepada keluarga atau saudara kamu , jadi pintarlah dalam mengatur waktu ya guys..

Berikut beberapa dampak buruk dari Sosial Media apabila kamu punya poin tambahan silahkan memberi komentar dibawah , intinya adalah 

"Pergunakan waktu yang ada sebaik mungkin"


Source gambar : Google Image

Related Posts

4 Dampak Buruk Media Sosial (fb,instagram,whatsapp) !
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung