Pengertian dan Penjelasan Semantik Web, RDF, XML

semantik web viyovi

Pengertian Semantik Web adalah web 3.0 merupakan cara untuk menghubungkan data antar sistem atau entitas yang memungkinkan interelasi 'self-describing' dari data yang ada pada jaringan global web. Semantik web merupakan web yang memberikan 'arti'
berbeda dengan Web saat ini yang ditunjukan kepada manusia , web 3.0 juga ditujukan untuk dapat diakses mesin secara otomatis.

Perbandingan Web biasa (1.0) dengan Web 3.0
  • Web 1.0 mendeliveri data antar website melalui Hyperlink
  • lebih ditujukan kepada manusia , yang berarti web biasa lebih dominan mengatur tampilan sedangkan web 3.0 dikhususkan untuk mesin.
  • Walaupun mesin dapat melihat dokumen tsb namun mesin kesulitan untuk menterjemahkan 'arti' yang ada pada dokumen dokumen tersebut.
Pengertian RDF
RDF adalah Resource Description Framework yang merupakan bahasa untuk mendeskripsikan resource dalam bentuk model , RDF merupakan bagian dari meta data untuk web resources bagi mesin atau aplikasi 
Secara General, Resource dapat dicontohkan sebagai 'Orang' 'Mobil' 'Pesawat' 'Mesin'

Perancangan RDF 
adalah perancangan statement / triple yang terdiri dari resource , property , value (nilai) atau objek , dan predikat.

Pengertian dan Perbandingan URI , URL , dan URN
  • URI  : Universal Resource Identifier merupakan identifier unik untuk resource
  • URI mirip seperti URL namun tidak sama
  • URL : Uniform Resource Locator merupakan alamat dari suatu website, Semua URL adalah URI , namun belum tentu URI adalah URL 
  • URN : Universal Resource Name, cth URN : ISBN XX9182NZ
ARTIKEL TERKAIT : APA ITU INTERNET OF THINGS ?

Pengertian XML 
XML adalah Extensible Markup Language yang merupakan lapisan pondasi Semantic Web , teknologi XML dibangun diatas Unicode characters dan Uniform Resource Identifier (URI) 
URI digunakan untuk mengidentifikasi konsep dari XML yang akan digunakan dalam Semantik Web

Secara singkat penulisan XML dan HTML hampir sama , namun yang paling membedakan adalah XML dibaca untuk mesin sedangkan HTML dipergunakan untuk manusia. 
Syntax XML dan HTML juga tidak jauh berbeda hanya saja pada XML menggunakan beberapa properti khusus agar dapat dibaca oleh mesin.

penjelasan semantik web

Pengertian Onthology
sebelum memahami apa itu Onthology , sebaiknya terlebih dahulu mengetahui OWL (Web Onthology Language) yang merupakan standar W3C (situs terkenal untuk mempelajari bahasa pemrograman internet) , OWL dibangun pada RDFS untuk mendefenisikan onthology.

Onthology adalah konsep yang menggambarkan hubungan ensitas atau konsep yang menggambarkan hubungan antara penyimpan. Onthology merupakan hubungan dari sebuah hirarki antara kelas dan sub kelas untuk mengidentifikasi suatu objek. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik tombol download dibawah ini.


Related Posts

Pengertian dan Penjelasan Semantik Web, RDF, XML
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung