Contoh program grafika komputer menggunakan Code block

program code block terbaru

Code block adalah salah satu IDE open source. OpenGL adalah suatu library untuk permodelan dan grafik tiga dimensi yang mempunyai kelebihan dalam kecepatan dan dapat digunakan pada platform yang luas. OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).

OpenGL menyediakan set perintah untuk menggambar dan semua penggambaran yang lebih tinggi tingkatnya harus dilakukan dengan mengambil fungsi dasar dari perintah ini. Maka dari itu dapat dibuat library itu sendiri di atas program OpenGL yang mempermudah pemrograman lebih lanjut. Fungsi asli dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library opengl32.dll dan file header glut.h

OpenGL menyimpan beberapa set library untuk objek grafis 2D dan 3D, Objek grafis 2 dimensi adalah sekumpulan titik titik 2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, bak berupa polyline, polyogn, atau kurva. Objek grafis dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang memiliki sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi.

Baca Juga : Pengertian Semantik Web dan Contoh programnya

Grafik komputer 3 dimensi atau yang biasa disebut 3D adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar), sumbu y (tegak), dan sumbu z (miring).
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. 

Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri 3 dimensi. Perbedaan paling utama dari objek 2 dimensi dan objek 3 dimensi yaitu kedalamannya. Yaitu suatu jarak antara pengamat dengan suatu objek yang dilihat (point of view). Jadi, jika objek 2 dimensi hanya menggunakan 2 ukuran (panjang dan lebar), maka 3 dimensi menggunakan 3 ukuran meliputi panjang, lebar, dan kedalaman, yang disimbolkan dengan x,y, dan z. 

Dari pengaplikasian model 2D dan 3D dalam grafika komputer, kita dapat membuat beragam macam gambaran seperti rumah, sekolah, bahkan sebuah game. Viyovi kali ini akan memberikan beberapa contoh program tersebut antara lain game dan sebuah kamar 3D.


Berikut Contoh program grafika komputer menggunakan Code Block


  • Game 2 Dimensi Sederhana


Permainan dalam game ini cukup sederhana kamu harus melewati beberapa rintangan dengan cara melompat. lakukan hal tersebut hingga sampai garis finish, jika sudah berhasil (garis finish) secara otomatis kamu akan mengulang permainan ini pada garis start. 

  • Tic Tac Toe ( game 3 dimensi sederhana )

Tic Tac Toe merupakan game sederhana yang berasal dari negeri paman sam. game ini mengharuskan kita untuk tidak mengikuti pola dari lawan main, kamu dianggap gagal jika memberi kesempatan pada lawan main untuk melanjutkan pola yang dimilikinya, dan agar menang maka lakukan hal sebaliknya.

  • Kamar 3 dimensi


Ini merupakan sebuah model bangunan yang menggunakan konsep grafik 3 dimensi, sepintas konsep tersebut dapat kita lihat pada sudut pandang gambar diatas. pada gambar pertama memperlihatkan sisi depan dari kamar tersebut, sedangkan gambar kedua memperlihatkan sisi samping. ada juga beberapa tambahan untuk dapat melihat dari beragam sudut pandang lain yang bisa kamu coba sendiri. 

berikut link download dari 3 contoh program code block diatas : 

PROGRAM 1
PROGRAM 2
PROGRAM 3

Related Posts

Contoh program grafika komputer menggunakan Code block
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung