Cara Submit Artikel Blog ke Google Webmaster Tools Versi Terbaru

submit artikel ke google webmaster

Google merupakan mesin pencarian (search engine) terbesar disusul dengan bing dan yahoo, setiap detiknya ada miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan mesin pencari keluaran tahun 1998 ini. apapun yang ingin dicari mulai dari puisi, berita, foto, dan video dapat kita temui dengan mudah cukup bermodalkan hp atau komputer dengan koneksi internet.

Sebagai seorang blogger, artikel yang kita tulis juga dapat muncul pada mesin pencarian maka dengan cara seperti itu website yang kita miliki juga akan mendapat peringkat yang baik di SERP (Search engine result page) google atau kata lainnya blog kita akan ramai dengan pengunjung asalkan ada beberapa artikel yang bertengger pada halaman pertama (page one) pencarian.


Baca Juga : 3 Bahaya Situs nonton film Online yang berakibat FATAL

Artikel kali ini mendukung bagaimana cara kamu agar dapat bersaing dengan blog lain memakai teknik SEO (Search engine optimization) salah satunya yaitu mensubmit artikel blog ke Webmaster Google. sebenarnya cara ini sudah banyak yang menjelaskan namun ada yang sedikit berbeda karena baru baru ini google telah mengupdate versi dari Webmaster tersebut.

Lantas apa yang baru dari Google webmaster.. ?


halaman depan baru webmaster

Sekilas hanya ada perubahan pada tampilan ketika diperhatikan, namun pada kenyataannya semua fitur yang disematkan pada versi terdahulu juga mengalami pembaruan misalnya jarak waktu klik yang lebih spesifik, dapat memeriksa live url artikel, serta cara mensubmit artikel yang sedikit berbeda dengan versi lama.

Jika kamu tidak menyukai versi terbaru ini maka dapat mengklik tombol Buka Versi lama yang terletak pada bagian sudut kiri bawah.


Baca Juga : Tempat beli Voucher game online Murah dan terpercaya

Lalu bagaimana cara submit artikel pada versi terbaru ini ? sebenarnya cukup sederhana bahkan sebagai pengguna baru pun dapat dengan mudah untuk memeriksa valid URL artikel yang bertujuan untuk mengetahui apakah layak untuk di crawl oleh robot google. 

Berikut Cara submit artikel di Google Webmaster terbaru


  • Pertama buat artikel baru lalu copy URL dari artikel tersebut lalu
  • Masukkan URL artikel pada kolom atau field pada webmaster, dalam kolom tsb ada tertulis (placeholder)  'Periksa semua URL' ditambah 'URL website'

kolom webmaster

  • Setelah itu, lihat hasilnya yang tepat muncul pada bagian bawah kolom tersebut lalu Klik 'Uji URL Aktif' maka robot google secara otomatis akan segera memeriksa website kamu.

kolom webmaster google terbaru



  • Pindah ke halaman Indeks Google maka akan tampil pernyataan dari google berupa 'URL tidak ada di Google' silahkan lanjut dengan mengklik 'Minta Pengindeksan' 

submit artikel ke google

  • Tunggu beberapa saat, maka akan muncul pernyataan baru dari robot google bahwa artikel kamu sedang dicek ke website dan validasi pada sitemap (peta situs)
kolom webmaster google terbaru


Gambar diatas menyatakan bahwa artikel yang kamu buat sudah berada pada mesin pencarian karena berhasil melewati beberapa tahap yang antara lain crawl dan proses validasi pada sitemap. silahkan cek dengan menyalin URL artikel ke dalam mesin pencarian google.

kolom webmaster google terbaru
Baca Juga : 5 Hal penting sebelum memakai FB Ads untuk Blog Adsense
Selama penggunaan webmaster google, saya merasa bahwa versi terbaru ini membawa dampak yang sangat positif bagi blogger pemula seperti saya. maka dengan demikian google juga kelihatannya tetap mendukung setiap aspek sekecil apapun. 

Ada banyak lagi fitur terbaru yang dapat kita temui pada webmaster google versi terbaru ini namun berdasarkan riset yang saya lakukan kebanyakan blogger mencari cara untuk mensubmit artikel oleh karena itu sedikit banyaknya Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Related Posts

Cara Submit Artikel Blog ke Google Webmaster Tools Versi Terbaru
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung