Masih Ragu Belanja Online ? Simak 4 Tips Ini !

Haloo semua sobat VYV, setelah sekian hari tidak memberikan update terbaru kepada semua pembaca setia Viero Yo Viero, berhubung karena padatnya jadwal dikampus, namun kali ini saya akan memberikan tips yang sangat penting dan berharga bagi sobat semua. Oke ? Sudah tidak sabar lagi ? Mari kita bahas " Masih Ragu Belanja Online ? Simak  4 Tips Ini ! ".


CEKIDOT..


Dijaman sekarang ini, siapa sih yang tidak mengenal istilah " Belanja Online " ?. Saya yakin semua sobat VYV pasti sudah tidak asing bukan dengan istilah tersebut ?. Di Indonesia sendiri sudah banyak berdiri Start Up baru yang bergerak dibidang belanja online ini. Contoh Start Up yang sedang naik daun di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, JD.id, dan sebenarnya masih banyak lagi yang sedang naik daun saat ini. Namun, jika anda bertanya, kenapa sih belanja online sedang marak- maraknya saat ini?. Pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa orang awam yang masih belum mengerti. Jawabannya sih simple aja, karena saat ini merupakan dunia digital. Dimana informasi sangat tersebar dengan cepat. Dengan kecepatan penyebaran informasi tersebut, maka dimanfaatkan juga untuk melebarkan jangkauan dari belanja online itu sendiri. Jadi jawaban dari mengapa belanja online menjadi tren saat ini, karena orang saat ini lebih memilih untuk diam dirumah, memilih-milih barang yang akan dibeli, kemudian tinggal beli. Intinya, karena belanja online itu SIMPLE. Orang sekarang ini mana mau untuk capek-capek pergi ke toko untuk melihat langsung, walau ga bisa dipungkiri, ga semua orang seperti itu. Namu dengan adanya belanja online ini, para pelanggan mendapat kemudahan untuk tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra dalam membeli sesuatu yang dia butuhkan.

Namun, belum semua orang memilki pendapat yang sama seperti yang saya ungkapkan diatas. Mengapa ?. Karena sebagian orang masih belum memiliki kepercayaan terhadap belanja online. Dan alasan yang lain dikarenakan, adanya para konsumen yang merasa tidak puas jika belum melihat dan menyentuh secara langsung barang yang ingin dibelinya. Mereka yang memiliki sifat dan perasaan seperti itu tidak dapat disalahkan, karena setiap orang itu berbeda-beda. Namun, jika masalah kepercayaan kepada belanja online, itu merupakan alasan yang wajar, namun tak wajar. Maksudnya gimana ? . Wajar dikarenakan memang sistem belanja online saat ini masih rentan terhadap para penjahat siber ( cyber criminal ). Tidak wajar dikarenakan jika masih memiliki ketakutan seperti itu, maka orang tersebut tidak akan berkembang.

Dan disini saya akan memberikan tips yang bermanfaat bagi anda, yang masih memiliki keraguan terhadap belanja online. Ini dia 4 tips saat belanja online :

1. Jangan Mudah Tertarik dan Terkecoh

Ya, ini merupakan hal yang harus anda perhatikan dengan teliti, karena banyak penipuan yang berkedok belanja online yang membuat para korbannya terkecoh. Contohnya bagimana ?. Bayangkan ada sebuah produk yang sedang tenar saat ini dengan harga cukup mahal sekitar $500 US., namun dia menawarkan produk yang sama dengan harga $50 US. Banyak orang yang terkecoh dengan penawaran tersebut, karena penawaran tersebut sangatlah menggiurkan. Bagaimana tidak ?. Jika korban tersebut tidak berpikir bagaimana produk dengan harga yang begitu mahal hanya dijual hanya 10% dari harga aslinya, maka dia akan menjadi korban dari belanja online tersebut. Jadi, jangan pernah terkecoh dengan penawaran harga yang tidak normal.

2. Pilih Tempat Belanja Online yang Sudah Terjamin
Tips kedua yaitu pilihlah tempat belanja online yang sudah terjamin. Contohnya seperti yang saya katakan diatas. Mengapa saya katakan harus ditempat yang sudah terjamin ? Karena biasanya tempat belanja online yang sudah mendapat verifikasi tersebut juga sudah melakukan pengawasan yang ketat kepada orang yang akan berjualan online di website mereka. Jadi apabila anda tertipu oleh para penjual mereka, anda akan mendapat perlindungan dari mereka. Jadi, pilihlah tempat belanja online yang sudah terjamin dan sudah terverifikasi.

3. Pilih Barang yang akan Anda Beli dengan Testimoni yang Sudah Ada

Apa sih maksud dari tips yang ketiga ini ?. Maksudnya adalah, jika anda ingin berbelanja online dan mau memilih suatu barang, pilihlah barang yang sudah memiliki rating yang tinggi, minimal memiliki rating 4,0. Mengapa harus ?. Karena rating tersebut merupakan akumulasi dari testimoni yang sudah diberikan para pembeli sebelumnya. Jadi jika anda memilih barang yang memiliki rating tinggi, akan memberikan kemungkinan kecil anda akan tertipu dengan kualitasnya.

4. Teliti dengan Produk yang Ingin Dibeli



Ya ketelitian saat belanja online adalah suatu keharusan bagi anda yang memiliki niat untuk belanja online. Dalam belanja online, lihatlah spesfikasi barang yang akan anda beli, berhubung karena barang tersebut tidak dapat anda lihat langsung, jadi anda harus menyimpulan dan membayangkan seperti apa barang yang akan anda beli dengan spesifikasi yang diberikan oleh penjual. Jujur dalam hal ini, saya juga pernah tidak teliti dalam belanja online. Ketika saya masih SMA, saya sempat berjualan online. Saya menjadi reseller dan menawarkan kepada teman-teman saya. Saat teman saya memesan sebuah barang berupa tas, yang memiliki dimensi 110x90. Dalam perkiraan saya itu merupakan tas standard yang bakal sesuai harapan si pembeli. Namu ketika barang sudah saya pesan dan sudah sampai, ternyata barang tersebut tidaklah seusai dengan apa yang saya perkirakan. Ya saat itu saya cukup mengecewakan pembeli saya itu. Namun untungnya dia tetap mau menerima barang tersebut. Semoga para sobat pembaca Viero Yo Viero tidak mengalami apa yang saya alami. Jadi Telitilah dengan produk yang akan anda beli.

Itulah 4 tips yang dapat saya bagikan kepada sobat semua, semoga anda tidak takut lagi untuk mencoba berbelanja online, dikarenakan dijaman digital ini, mengharuskan kita untuk dapat masuk kedalamnya. Demikianlah postingan saya kali ini "Masih Ragu Belanja Online ? Simak 4 Tips Ini !".
Terima Kasih.

Related Posts

Masih Ragu Belanja Online ? Simak 4 Tips Ini !
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung