5 Cara Melindungi Smartphone dari Hacker/Peretas

Keamanan pada smartphone merupakan masalah yang sangat vital bagi kita semua. Namun, sampai saat ini masih ada saja orang yang menganggap keamanan kurang penting. Mereka merasa bahwa tidak ada file ataupun data penting yang ada pada smartphonenya. Padahal, sang hacker bisa saja meretas dan memanfaat identitas korban untuk melakukan tindak kejahatan. Dan di kesempatan ini, saya akan membagikan sebuah cara untuk dapat mengamankan smartphone anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. Oke tanpa panjang lebar lagi

Yuk simak postingan kali ini " 5 Cara Melindungi Smartphone dari Hacker/Peretas "



Pesan saya bagi sobat VYV semua, jangan pernah deh anggap sepele masalah keamanan. Itu vital banget lo soalnya. Tapi, sobat VYV semua bisa mengurasi rasa takut tersebut dengan melakukan 5 cara yang akan kasih tahu.

Ini dia 5 cara melindungi smartphone dari hacker/peretas :

1. Jangan Pernah Gunakan Wifi yang Tak Dikenal

Bukan rahasia lagi, siapa sih yang tidak mau wifi gratisan ?. Tanpa password dan kita hanya perlu menghubungkannya. Udah selesai dan kita bebas berselancar di dunia internet. Namun, apakah sobat VYV tahu bahwa itu memiliki resiko yang sangat besar ?. Resiko apa ?. Resiko akan diretasnya smartphone kamu. Kok bisa ?. Ya, seorang hacker dapat meretas smartphone kamu hanya dari wifi. Apalagi wifi gratisan dan tidak kamu kenal. Jadi sangat disarankan untuk tidak menghubungkan smartphone anda dengan wifi yang tidak anda kenal dan jangan mudah tergiur dengan wifi gratisan dan alangkah lebih bijaknya jika anda real mengeluarkan uang lebih untuk membeli paket data yang disediakan operator seluler. Walau lebih mahal, setidaknya smartphone kamu lebih aman menggunakan jaringan kamu sendiri ketimbang gratisan.

2. Mengunci Layar Otomatis

Mungkin terlihat sepele, namun ini juga berperan besar untuk mengamankan data pada smartphone anda. Bagaimana bisa ? Jawabannya sederhana, bayangkan jika kamu sedang menggunakan smartphone, dan kemudian kamu terpaksa meninggalkan smartphone kamu untuk melakukan sesuatu yang penting. Jika smartphone kamu tidak dikunci layarnya otomatis, bisa saja ada seseorang yang akan menaruh malware ataupun mengotak-atik smartphone kamu sesuka hatinya. Kacau bukan ?. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengunci otomatis smartphone kamu.

3. Enskripsi File/Data pada Smartphone




Pada jaman sekarang ini, sudah banyak vendor yang menawarkan untuk enskripsi file/data pada smartphone. Hal ini dirasa sangat disarankan karna dapat mengurangi kemungkinan smartphone terkena hacking. Bagaimana bisa ? Enskirpsi merupakan proses untuk memperumit dan mempertebal tembok pertahanan suatu file dan hanya bisa dibuka melalui pin yang tidak kalah rumitnya. Jadi, jika smartphone anda jatuh ketangan yang salah, tetap saja dia tidak akan dapat mengotak-atik file/data yang ada didalam smartphone kamu.

Baca juga : Mau Jadi Hacker ? Ini Dia Yang Harus Kamu Kuasai !!!

4. Hanya Instal Aplikasi dari Sumber yang Terpercaya

Jangan asal-asalan unduh aplikasi dan langsung menginstalnya pada smartphone kamu, karna bisa saja aplikasi tersebut sudah disusupi malware untuk mencuri data-data kamu. Mulai sekarang, biasakan diri untuk mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya aja ya guys, daripada nantinya kamu kehilangan file/data kamu yang berharga.

5. Update Aplikasi Secara Berkala

Jangan terlalu hemat paket data sob, karna update aplikasi itu juga penting. Sang pembuat aplikasi melakukan update bukan untuk menghabiskan paket data kamu, namun karna dia tahu bahwa versi sebelumnya itu memiliki celah ataupun bug baik disisi kinerjanya ataupun keamananya. So, jangan korbankan keamanan smartphone kamu hanya demi menghemat paket data.

Itulah 5 cara untuk melindungi smartphone kamu dari orang yang tak bertanggung jawab sob. Selalu utamakan kemanan dimanapun juga, karena kita tak akan pernah rugi jika semua file/data aman dari serangkan hacker

Demikianlah postingan kali ini ya guys. Selalu nantikan update terbaru seputar teknologi hanya dari viyovi.com.
Terima Kasih.

Related Posts

5 Cara Melindungi Smartphone dari Hacker/Peretas
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung