Penyimpanan Abadi "5D DISK"

Halo sobat VYV teknologi emang nggak abisnya buat dibahas dan nggak pernah berhenti berkembang. Seperti temuan baru ilmuan dari University of Southampton di Inggris yang menciptakan teknologi penyimpanan terbaru yang disebut dengan 5D. Kira kira apa itu 5D dan kenapa disebut sebagai metode penyimpanan yang abadi? Cekidot gan...

5D Disk

5D Disk merupakan cakram kaca kecil yang pembuatannya dilakukan dengan menggunakan proses femtosecond laser writing. Laser yang ditembakkan mampu menulis data dalam 3 lapisan 3 dimensi dari disk ini. Disebut 5D karena setiap titik dari disk ini memiliki posisi 3 dimensi dan 2 dimensi lainnya merupakan ukuran dari titik tersebut. Untuk pembacaannya digunakan dengan menggunakan mikroskop optik dual dan polariser.


Lantas kenapa disk ini disebut dengan penyimpanan abadi? Yup, karena disk ini mampu menampung data hingga 360 TB, mampu bertahan hingga suhu 1000°C dan mampu menyimpan data hingga 13,8 miliar tahun! Hal tersebut menjadikan disk ini sebagai alat penyimpanan dengan daya tahan penyimpanan terlama saat ini. Sehingga disk ini sangat berguna untuk menyimpan arsip negara, museum, perpustakaan, buku dll yang nantinya juga berguna untuk generasi berikutnya. Disk ini telah berhasil menyimpan data seperti Magna Carta, Universal Declaration of Human Rights, Optik Newton dan Alkitab versi Raja James.


Yup, itu dia informasi mengenai 5D Disk, sebuah disk kecil yang mampu menyimpan data 360TB hingga 13,8 miliar tahun! Dengan berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin disk ini bisa dipasarkan secara komersil diseluruh dunia (jadi nggak perlu beli fd lagi tiap bulan).

Related Posts

Penyimpanan Abadi "5D DISK"
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung