Apa Sih Perangkat Router Itu???

Gambar terkait

Hallo sahabat VYV , kembali berjumpa lagi dengan admin yang ganteng ini Eaaak. nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa sih perangkat router itu mungkin sebagian dari kita semua masih bertanya tanya tentang kegunaan, manfaat, dan jenis-jenis dari router. tanpa basa basi yang kelamaan yuk kita bahas...

Router

Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengirimkan paket paket data didalam suatu jaringan komputer, melalui sebuah proses yang disebut routing. dalam proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan ketiga dari stack protokol osi layer ( Open Systems Interconnection model ).

Fungsi Router

Fungsi dari router adalah sebagai penghubung 2 jaringan yang berbeda atau 2 Netid yang berbeda, adapun fungsi utama dari router adalah sebagai alat untuk mendistribusikan IP Address baik itu yang bersifat DHCP atau Static kepada computer client yang terhubung didalam jaringan tersebut. pada perangkat router kita juga bisa melakukan beberapa konfigurasi-konfigurasi lebih pada jaringan komputer kita. contohnya:
  1. Konfigurasi Bandwith
  2. Konfigurasi Proxy
  3. Konfigurasi Firewall
  4. Konfigurasi Hotspot
  5. Konfigurasi Wifi Dll

Pada saat ini, perangkat router sudah lebih canggih dan modern. Untuk mendistribusikan IP address kepada setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router tidak saja hanya dapat menghubungkan dengan sambungan kabel LAN, melainkan dapat dengan teknologi wireless. Dengan demikian, router pada saat ini dapat disambungkan pada setiap perangkat mobile milik anda yang berada pada jangkauan router tersebut. Cukup dengan memanfaatkan sebuah gelombang radio yang dipancarkan oleh router. Itulahsebagian kecil fungsi router.

Jenis-Jenis Router

Ada beberapa jenis dari router. contohnya:
  1. Router Aplikasi
  2. Routerboard
  3. Pc Router 
Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat kita install dalam sistem operasi kita, sehingga sistem operasi kita memiliki fungsi yang sama dengan perangkat router. contoh aplikasi ini adalah seperti Winroute dan Spygate.

Routerboard Adalah suatu hardware khusus yang didesign untuk menjalankan RouterOS Mikrotik sehingga bisa menjadi sebuah router yang handal. RouterBoard bisa juga dianggap atau sama dengan PC atau Laptop tanpa Sistem Operasi.

PC Router adalah Personal Computer (PC) yang digunakan sebagai Router (routing). Untuk menjadikannya menjadi sebuah PC Router, PC tersebut bisa di install dengan MikroTik RouterOS, Linux, atau FreeBSD.

Cara Kerja Router

Router bekera dengan cara mengirimkan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan. 

Berikut gambaran dari cara kerja router:
Gambar terkait

Nah cukup sampai disini dulu ya pembahasan kita mengenai apa sih perangkat router itu sebenarnya. semoga para sahabat VYV mendapatkan ilmu dari artikel yang saya share kepada para sahabat VYV.

Ok, see you next time.

Related Posts

Apa Sih Perangkat Router Itu???
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung