Apa itu Computer Generated Imagery ?

Halo sobat VYV, bagi sobat sobat pecinta film pasti udah nggak asing nih dengan sebuah teknologi dalam dunia perfilman yang disebut dengan CGI. CGI alias Computer-Generated Imagery adalah penggunaan grafik komputer dalam efek spesial yang mampu menghasilkan efek 3 dimensi yang menyerupai aslinya. Dengan menggunakan CGI, segala imajinasi sutradara dapat menjadi kenyataan. 

CGI dalam film Dawn Of Planet Apes

Teknologi CGI ini pertama kali digunakan pada tahun 1973 dalam film Westworld namun teknologi CGI yang digunakan masih berupa 2D tidak 3D. Lalu setelah inilah teknologi CGI semakin berkembang dan berhasil menarik perhatian penonton lewat film Jurassic Park pada tahun 1993. Dan setelahnya, teknologi CGI menjadi semakin menakjubkan dengan menampilkan efek efek yang luar biasa. Tidak hanya diterapkan dalam film real saja, CGI juga digunakan dalam animasi sehingga menjadikannya lebih spesiWefik dan nyata. Jika biasanya animator dalam membuat animasi harus dimulai dengan menggambarnya dikertas, dengan CGI semua proses Wpembuatannya dilakukan dengan menggunakan software. 

Westworld film pertama menggunakan CGI

Satu hal yang paling sering kita lihat dalam proses pembuatan film adalah penggunaan layar hijau. Kira kira kenapa ya CGI dalam film biasanya menggunakan latar hijau atau biru? Nah, tujuannya adalah untuk menonjolkan objek utama yang berada didepan latar dan untuk blocking latar, jadi latarnya latarnya akan diubah dengan yang diinginkan dengan menggunakan CGI. Penggunaan latar hijau juga berguna agar kru tidak perlu repot gonta ganti lokasi syuting, jadi otomatis lebih mengurangi biaya.
Nah, software yang biasa digunakan dalam teknologi CGI ini adalah After Effects, 3D Studio Max, Maya, Houdini, Nuke dan masih banyak lagi.

Nah, sebagai bonus nih mimin tampilin beberapa adegan film before and after editing.

The Avengers (2012)

Suicide Squad (2016)


The Jungle Book (2016)

Furious 7 (2015)


Deadpool (2016)


Transformers (2007)

Life Of Pi (2012)

Batman v Superman (2016)

Chappie (2015)

Teenage Mutant Ninja Turtles (2014)

Itu dia beberapa penggunaan CGI dalam film film Box Office. Keren bukan? Mengubah suatu hal yang sederhana menjadi sesuatu yang lain yang terlihat begitu nyata. Mudah mudahan penggunaan CGI dalam perfilman Indonesia juga dapat meningkat ya gan, aamiin.

Related Posts

Apa itu Computer Generated Imagery ?
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung