Apa itu Quantum Komputer ?

Hai sobat VYV,Sobat VYV pasti pernah dengar kan istilah Quantum ? Yang doyan Fisika pasti tahu apa itu Quantum. Usut punya usut istilah Quantum juga ada lo dalam dunia komputer abad ini, penasaran kan ? Kok bisa sih istilah fisika ini bisa ada dalam dunia komputer ?.
Daripada tambah penasaran langsung ajadeh kita bahas

CEKIDOT..



Komputer Quantum adalah perangkat yang digunakan untuk proses komputasi sama halnya dengan komputer biasa tapi dengan menerapkan prinsip meknika Quantum dalam fisika seperti fenomena superposisi dan fenomena entanglement untuk melakukan operasi dan mengolah data.

Pada komputer konvensional informasi disimpan dalam bentuk bits(binary digits).sedangkan dalam komputer Quantum informasi disimpan dalam bentuk qubits(quantum binary digits).hmm merupakan hal baru ya.

Prinsip awal dari komputer Quantum adalah memanfaat kan sifat quantum dari suata partikel yang kemudian sifat itu digunakan untuk merepresentasikan suatu data dan fenomena mekanikan Quantumnya digunkan untuk melakukan operasi terhadap data tersebut.
        

Pada awalnya ide mengenai Komputer Quantum ini datang dari beberapa ilmuwan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, David Deutsch dari University of Oxford, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech).mereka mengemukakan ide mengenai sistem Quantum yang juga dapat melakukan proses penghitungan yang mana sistem tersbut juga bisa menjadi simulator dalam percobaan fisika Quantum. 

Para ilmuwan  pun mulai melakukan riset mengenai sistem kuantum tersebut, mereka juga berusaha untuk menemukan logika yang sesuai dengan sistem tersebut. Sampai saat ini telah dikemukaan dua algoritma baru yang bisa digunakan dalam sistem kuantum yaitu algoritma shor dan algoritma grover.

Walaupun komputer Quantum masih terlalu dini untuk direalisasikan,eksperimen  mengenai komputer Quantum tersebut telah menemui titik cerah yang mana operasi bilangan qubits dalam skala kecil dilaporkan telah berhasil dilakukan.

Jika komputer Quantum dapat dibangun dalam skala besar maka akan mungkin untuk menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari yang dapat dilakukan komputer konvensional. Sebagai gamabaran pada komputer konvensional register 3 bit dalam satu saat hanya dapat menyimpan 1 dari 8 kemungkinan dari keadaan yang berbeda seperti : 000,001,002,003,111,112,113,101 sebaliknya pada komputer Quantum register 3 qubit dalam satu saat dapat menyimpan 8 kemungkinan keadaan yang berbeda secara serentak sebagai suatu superposisi. Yang artinya komputer Quantum tersebut berkali kali lebih cepat daripada komputer konvensional dalam memproses data.dimana kecepatan dalam hal pemrosesan sangat dibutuhkan kedepannya.

Penilitian baik teori maupun praktek pun terus dilakukan mengingat antusias dari pemerintah,militer dan masyarakat yang sangat menginginkan teknologi ini terealisasi.Karena dengan terealisasinya teknologi ini diharapkan akan membuka jalan bagi penemuan-penemuan baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia kedepannya.

Itu dia pembahasan mimin mengenai komputer Quantum atau kerennya Quantum Computer semoga kedepannya teknologi tersebut cepat terealisasi dan semoga informasi tersebut dapat menginspirasi para sobat VYV sehingga kelak ada diantara sobat VYV yang berhasil merealisasikannya. Kita tunggu saja :)ퟁ😩

Related Posts

Apa itu Quantum Komputer ?
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung