Apa itu "Rumah Pintar" ?

Haii haii sobat ViYoVi yang emeshh, kali ini saya akan membagikan postingan yang fenomenal. Coba bayangkan apa jadinya.. kalau kita mempunyai rumah pintar ?. Rumah Pintar? iya, rumah yang bisa bekerja secara otomatis ,seperti pancuran mandi yang secara otomatis akan mengatur suhu yang tepat,dapur yang akan otomatis menyiapkan sarapan favorit kamu dalam suhu yang sesuai,dan lain nyaa.

WOOWW, seketika kita akan menjadi tuan bos dirumah masing masing,dan tentunya ini adalah rumah idaman bukan ?? :D

Penasaran kan ?? , langsung aja baca dan pahami dibawah ini  :)




Pada zaman modern seperti sekarang ini,semua Netizen selalu saja ingin dimudahkan disetiap aktivitasnya, nah melihat hal itu, para peneliti dan ilmuwan saat ini sedang menggarap ataupun merancang sebuah rumah masa depan,yang katanya dijanjikan lebih menggugah selera daripada  yang ada  dalam film The Jetsons.
(Sekilas tentang film The Jetsons, di film The Jetsons mereka memiliki robot sipembantu yang bernama Rosie yang mengatur rumah tangga mereka,semua peralatan dapat bekerja otomatis yang dikerjakan oleh robot yang dapat berbicara dengan peralatan). 

Coba sejenak bayangkan, Anda akan memiliki robot seperti Rosie yang mampu berkomunikasi tanpa kabel dengan rumah Anda,yang dikontrol dengan pusat pengendali yang tersembunyi dalam dinding rumah Anda,robot dan tentunya rumah Anda akan membaca keinginan Anda. Robot itu dapat berkomunikasi dengan rumah Anda untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan kehendak Anda,seperti yang sudah dicontohkan diatas dan disinilah rumah Anda dikatakan Rumah Pintar  .
Apakah itu mungkin ??

Kalau kita melihat pesatnya perkembangan dunia sains sampai pada saat ini,terutama dalam dunia robotik,kemungkinan Rumah Pintar Anda tidak akan menjadi fiksi belaka. Robot,seperti yang sudah saya jelaskan diatas,diharapkan dapat berkembang dan berkemampuan untuk bekerja dengan manusia. Robot itu,diharapkan dapat mengambil peran dalam interaksi dengan sekitar atau yang disebut dengan "Internet antar benda", ya seperti namanya,Internet antar benda itu adalah komunikasi tanpa kabel antar benda,tidak dengan manusia seperti umumnya. Dalam Rumah Pintar di masa depan,semua barang akan ditempelkan dengan label Radio Frequency Identification,yang berupa chip elektronik.Dengan menggunakan chip inilah rumah Anda bisa menjadi Rumah Pintar yang diidam-idamkan,tapi bagaimana cara kerjanyaa ?

Penggunaan chip dimasa kini
Jadi,chip yang sudah ditempelkan pada barang-barang dirumah Anda, akan mengirim informasi menuju Radio Frequency Identification ( disingkat dengan RFID).Nah, chip ini tadi akan memberitahu jika kulkas Anda sudah kosong, air yang mendidih diatas kompor,dll , bahkan jika salah satu sistem rumah Anda yang rusak,chip akan segera mengirim informasi ke RFID,sehingga Anda bisa mengetahuinya,dan memperbaikinya.

Diatas juga sudah disinggung sedikit tentang dinding,lalu apa yang terjadi pada dinding rumah Anda ? , dinding Rumah Pintar Anda juga mungkin dapat berganti warna dan pola hanya dengan menekan tombol,dinding dan lantai Anda dapat membersihkan diri sendiri dengan menggunakan teknologi nano ( Para peneliti sedang bekerja memodifikasi nanopartikel untuk menyerap cahaya pada panjang gelombang yang lebih panjang,nah cahaya inilah yang dapat menghilangkan debu ataupun membunuh kuman dan bakteri).


Nah,bagaimana? sangat diidam-idamkan bukan? apakah Anda dapat membayangkannyaa?,yuhuuu betapa praktisnya jika kita memiliki Rumah Pintar dimasa depan nantinya.
Lalu,apakah Anda yakin hal tersebut dapat terjadi ? Kenapa tidak ?? 
Siapkah Anda memiliki Rumah Pintar ? Mari kita jawab didalam hati kita masing-masing.

Okelah,sahabat VYV, itulah sedikit kupasan tentang Rumah Pintar dimasa depan, saya harap sahabat VYV sekalian mendapat ilmu dan terhibur. Sekarang saya izin pamit diri dulu,nantikan artikel saya selanjutnya yang pastinya bakal lebih menarik lagii di blog ini, tetap ikuti blog kami ya ^^.
Terimakasih.

Related Posts

Apa itu "Rumah Pintar" ?
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung