10 LANGKAH HEBAT DALAM MEMANAGEMENT WAKTU

Setiap manusia memiliki kesibukan masing-masing. Contohnya seperti saya  sebagai mahasiswi di salah satu Universitas, yang sibuk dengan kuliah, mengerjakan tugas, mengerjakan project, mengikuti lomba, mengikuti ujian, berorganisasi sampai mengikuti sebuah komunitas. Hal itu adalah lumrah dimiliki setiap orang. Tetapi banyak orang dengan kesibukan yang sangat padat dapat membuat seseorang jenuh atau bahkan ingin untuk mundur dari sesuatu yang telah ia gapai.
Menurut saya itu sangat disayangkan !!!
Hasil gambar untuk gambar management waktu
Disini saya akan memberikan Tips Untuk Dapat  Memanagement Waktu Dengan Baik, agar semua orang yang membaca artikel ini dapat memiliki semangat untuk menghadapi jadwal yang begitu padat, bukan malah mundur.


            1.  Keajaiban Pikiran

Apa yang anda pikirkan dan apa yang Anda yakini akan terjadi pada anda
Kemampuan dan kepercayaan diri seseorang bergantung dari cara berpikirnya, jika ia berpikir mampu untuk melewati semua ini maka 50% ia telah sukses, tetapi jika ia berpikir gagal maka 100% ia telah gagal. Maka dari itu jika kamu mempunyai banyak jadwal , Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa melewati semua ini. Karena dalam mengerjakan sesuatu akan diawali dari niat & pikiran bukan perbuatan.

      2.   Membuat daftar berupa hal – hal yang harus dilakukan

Jangan pernah meremehkan sebuah daftar, karena dari daftar tersebut kita mengetahui apa saja target yang harus kita capai, sehingga tidak ada cerita bahwa kita lupa dalam mengerjakan sesuatu. Untuk setiap item di dalam daftar anda harus mengetahui kapan dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan.  Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.

      3. Tentukan yang mana menjadi prioritas anda

Di dalam sebuah daftar akan adanya sejumlah item . Dimana di dalam daftar tersebut ada item yang harus dilakukan terlebih dahulu, maka jadikanlah itu sebuah prioritas anda. Jangan melakukan hal-hal yang bukan menjadi prioritas anda di awal. Misalnya seorang pelajar diberikan tugas yaitu matematika dan bahasa indonesia , tugas matematika dikumpul besok , sedangkan tugas bahasa indonesia dikumpul lusa . Maka yang kamu jadikan prioritas adalah tugas matematika dikarenakan besok sudah harus dikumpul.

            4. Lakukan pekerjaan yang mudah

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan pasti ada tingkat kesulitan masing-masing. Maka yang anda pilih adalah pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Mengapa demikian?? Karna jika kita mengikuti ujian , terdapat sejumlah soal yang sulit dan mudah, apabila kamu mengerjakan soal sulit terlebih dahulu maka waktu akan termakan habis, sehingga kamu tidak sempat untuk mengerjakan soal yang mudah dan kamu tidak mendapatkan nilai yang memuaskan. Akan tetapi jika kamu mengerjakan soal yang mudah maka kamu lebih mengefisiensi waktu karna kamu tinggal mengerjakan soal yang sulit, sehingga nilai kamu jauh lebih tinggi dibandingkan soal sulit yang dikerjakan diawal.

            5. Lakukan delegasi

Disini adalah tempat dimana kamu bisa mengerjakan tugas dengan orang lain. Tidak semua tugas harus dikerjakan sendiri. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.

             6. Katakan “TIDAK”  jika itu bukan prioritas anda

Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan tidak dalam menerima sebuah ajakan. Jika anda merasa waktu anda sudah padat dan merasa stres maka anda dapat menolaknya, seperti ajakan teman untuk makan siang bersama atau yang lainnya. Anda harus menyadari bahwa itu adalah bukan menjadi kewajiban anda. Anda harus berkomitmen dengan tugas yang harus anda selesaikan.

             7. Disiplin

Bersikaplah disiplin dan tegas pada diri Anda sendiri. Manfaatnya juga dapat Anda rasakan sendiri. Jangan menunda-nunda kegiatan. Itu hanya akan membuat pekerjaan Anda menumpuk. Mata rantai kebiasaan terlalu mudah untuk kita ciptakan, namun terlalu sulit untuk kita tinggalkan. Ciptakan kebiasaan baik sebagai ganti kebiasaan buruk.

             8. Cobalah untuk tidak menunda- nunda pekerjaan

Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah

9. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga

Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.

10. Merapikan Barang-barang Bisa Membantumu Menghemat Waktu

Merapikan barang-barang seperti kertas, buku, baju hingga pernak pernik yang kamu miliki akan sangat bermanfaat agar kamu tidak kelimpungan saat kamu membutuhkannya. Seringkan kamu menghabiskan 1 jam lebih untuk mencari kunci motor yang nyelip entah kemana? Oleh karena itu untuk membuat waktumu lebih efisien dan tidak harus membuang waktu percuma, mulai rapikan barang-barangmu saat ini juga.

Inilah tips yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan semakin bertambahnya semangat generasi penerus bangsa.
Ingat Motto Kita Yang Baru "AKU PASTI BISA" . Terima Kasih telah membaca artikel yang menarik ini. See You in the Next Article.

Related Posts

10 LANGKAH HEBAT DALAM MEMANAGEMENT WAKTU
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung