Setiap manusia memiliki kesibukan
masing-masing. Contohnya seperti saya sebagai mahasiswi di salah satu Universitas, yang
sibuk dengan kuliah, mengerjakan tugas, mengerjakan project, mengikuti lomba,
mengikuti ujian, berorganisasi sampai mengikuti sebuah komunitas. Hal itu
adalah lumrah dimiliki setiap orang. Tetapi banyak orang dengan kesibukan yang
sangat padat dapat membuat seseorang jenuh atau bahkan ingin untuk mundur dari
sesuatu yang telah ia gapai.
Menurut
saya itu sangat disayangkan !!!
Disini saya akan memberikan Tips Untuk
Dapat Memanagement Waktu Dengan Baik,
agar semua orang yang membaca artikel ini dapat memiliki semangat untuk
menghadapi jadwal yang begitu padat, bukan malah mundur.
1. Keajaiban
Pikiran
“Apa yang anda pikirkan dan apa yang Anda yakini
akan terjadi pada anda”
Kemampuan
dan kepercayaan diri seseorang bergantung dari cara berpikirnya, jika ia
berpikir mampu untuk melewati semua ini maka 50% ia telah sukses, tetapi jika
ia berpikir gagal maka 100% ia telah gagal. Maka dari itu jika kamu mempunyai
banyak jadwal , Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa melewati semua ini. Karena
dalam mengerjakan sesuatu akan diawali dari niat & pikiran bukan perbuatan.
Jangan pernah meremehkan sebuah daftar,
karena dari daftar tersebut kita mengetahui apa saja target yang harus kita
capai, sehingga tidak ada cerita bahwa kita lupa dalam mengerjakan sesuatu.
Untuk setiap item di dalam daftar anda harus mengetahui kapan dan berapa banyak
waktu yang dibutuhkan. Tugas yang
berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki
waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Di dalam sebuah daftar akan adanya
sejumlah item . Dimana di dalam daftar tersebut ada item yang harus dilakukan
terlebih dahulu, maka jadikanlah itu sebuah prioritas anda. Jangan melakukan
hal-hal yang bukan menjadi prioritas anda di awal. Misalnya seorang pelajar
diberikan tugas yaitu matematika dan bahasa indonesia , tugas matematika
dikumpul besok , sedangkan tugas bahasa indonesia dikumpul lusa . Maka yang
kamu jadikan prioritas adalah tugas matematika dikarenakan besok sudah harus
dikumpul.
4. Lakukan
pekerjaan yang mudah
Dalam mengerjakan suatu pekerjaan pasti
ada tingkat kesulitan masing-masing. Maka yang anda pilih adalah pekerjaan yang
mudah terlebih dahulu. Mengapa demikian?? Karna jika kita mengikuti ujian ,
terdapat sejumlah soal yang sulit dan mudah, apabila kamu mengerjakan soal
sulit terlebih dahulu maka waktu akan termakan habis, sehingga kamu tidak
sempat untuk mengerjakan soal yang mudah dan kamu tidak mendapatkan nilai yang
memuaskan. Akan tetapi jika kamu mengerjakan soal yang mudah maka kamu lebih
mengefisiensi waktu karna kamu tinggal mengerjakan soal yang sulit, sehingga
nilai kamu jauh lebih tinggi dibandingkan soal sulit yang dikerjakan diawal.
5. Lakukan
delegasi
Disini adalah tempat dimana kamu bisa
mengerjakan tugas dengan orang lain. Tidak semua tugas harus dikerjakan
sendiri. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang
diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada
saat yang sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar
pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang.
Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan
anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk
mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat
memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak
kegiatan.
6. Katakan
“TIDAK” jika itu bukan prioritas anda
Anda harus belajar untuk sekali-sekali
mengatakan tidak dalam menerima sebuah ajakan. Jika anda merasa waktu anda
sudah padat dan merasa stres maka anda dapat menolaknya, seperti ajakan teman
untuk makan siang bersama atau yang lainnya. Anda harus menyadari bahwa itu
adalah bukan menjadi kewajiban anda. Anda harus berkomitmen dengan tugas yang
harus anda selesaikan.
7. Disiplin
Bersikaplah disiplin dan tegas pada diri
Anda sendiri. Manfaatnya juga dapat Anda rasakan sendiri. Jangan menunda-nunda
kegiatan. Itu hanya akan membuat pekerjaan Anda menumpuk. Mata rantai kebiasaan
terlalu mudah untuk kita ciptakan, namun terlalu sulit untuk kita tinggalkan. Ciptakan
kebiasaan baik sebagai ganti kebiasaan buruk.
8. Cobalah
untuk tidak menunda- nunda pekerjaan
Anda perlu belajar untuk mengatasi
setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda
kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin
untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah
9. Selalu rencanakan waktu untuk
kegiatan tak terduga
Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas
dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan
waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda
misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk
mengatasinya.
10. Merapikan Barang-barang Bisa Membantumu Menghemat Waktu
Merapikan barang-barang seperti kertas, buku, baju
hingga pernak pernik yang kamu miliki akan sangat bermanfaat agar kamu tidak
kelimpungan saat kamu membutuhkannya. Seringkan kamu menghabiskan 1 jam lebih
untuk mencari kunci motor yang nyelip entah kemana? Oleh karena itu untuk
membuat waktumu lebih efisien dan tidak harus membuang waktu percuma, mulai
rapikan barang-barangmu saat ini juga.
Inilah tips yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan semakin bertambahnya semangat generasi penerus bangsa.
Inilah tips yang dapat saya sampaikan, semoga dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan semakin bertambahnya semangat generasi penerus bangsa.
Ingat Motto Kita Yang Baru "AKU PASTI BISA" . Terima Kasih telah membaca artikel yang menarik ini. See You in the Next Article.
10 LANGKAH HEBAT DALAM MEMANAGEMENT WAKTU
4/
5
Oleh
Unknown
- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya
Terima Kasih telah berkunjung