Apa itu Bluetooth Beacon?

Hai sobat VYV, disini saya mau berbagi sedikit informasi tentang teknologi terbaru yang akan booming nantinya, yaitu teknologi Bluetooth Beacon. Yak, sobat pasti masih bingung kan apa sih itu Bluetooth Beacon? atau mungkin sobat ada yang baru mendengar teknologi ini? Jangan mau ketinggalan dong sobat VYV. Well, untuk menjawab kebingungan sobat semua, lets check this one out, guys!


Ketika kamu sedang berada di tempat umum seperti di mall, restoran, dan kamu masih kebingungan mencari menu makanan atau barang-barang yang ingin kamu beli? Nah, sekarang ada cara praktis loh guys, yaitu dengan menggunakan fitur Bluetooth Beacon. Apa sih Bluetooth Beacon itu? Bluetooth Beacon merupakan teknologi terbaru yang disematkan di smartphone kamu. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yaitu Google. Sebelumnya, perusahaan Apple juga sudah mengembangkan fitur ini dengan sebutan Ibeacon. Menurut sumber yang dilansir dalam Ubergizmo, Kamis (11/2/2016), dengan menggunakan teknologi terbaru Bluetooth Beacon kita sebagai pengguna bisa menemukan setiap barang yang dijual di mall atau menu yang disajikan di tempat makan melalui smartphone kita secara otomatis. 


Keren banget kan, guys? Wait, jangan kemana-mana dulu, saya ada kabar gembira nih bagi sobat VYV.. Kabar gembira nya, fitur ini akan segera hadir melalui Android, jadi bagi kalian pengguna Android dapat mengakses fitur ini lewat Google Chrome. Nantinya, fungsi dari Aplikasi Bluetooth Beacon ini akan sama dengan Ibeacon yang di kembangkan oleh Apple. Jadi bagi kalian yang sedang hang out ke tempat-tempat tertentu yang di dalamnya telah di lengkapi oleh fitur Bluetooth Beacon, maka smartphone kita akan secara otomatis mendapat pemberitahuan dari Chrome dan dapat memilih apakah tertarik untuk berinteraksi atau tidak. Gimana guys? Masih bingung dengan kegunaan fitur ini? Yuk, kita lansir lebih dalam..


Teknologi terbaru Bluetooth Beacon milik Chrome ini merupakan alat yang menggabungkan berbagai bentuk dari informasi kepada kita sebagai pengguna, tanpa harus menginstall aplikasi dari setiap produk terlebih dahulu. Mudah banget kan? Dengan adanya fitur ini, kita bisa saja dengan mudah menemukan apa yang kita cari, termasuk juga memberikan informasi seperti membagi nomor telepon, atau membuka pintu mobil yang terkunci. Bluetooth Beacon merupakan sebagian kecil dari luasnya teknologi terbaru saat ini. Untuk di Indonesia sendiri, salah satu mall pertama yang sudah menggunakan teknologi Bluetooth beacon ini adalah Pacific Place di Jakarta. Sistematika yang digunakan oleh mall Pacific Place ini, memungkinkan pengunjung untuk mengalami dan terlibat di dalam location-based mission yang menarik yang ditawarkan oleh pihak mall. Dengan memanfaatkan jaringan baru Bluetooth Beacons dan adanya teknologi Micro-Location yang tersedia di setiap lantai di mall Pacific Place, fitur ini dapat melacak lokasi dan pergerakan pelanggan di seluruh mall.

Bluetooh Beacon

Yap, itulah teknologi terbaru Bluetooth Beacon yang sangat menarik perhatian kita dan tentunya sangat memudahkan kita sebagai pengguna nya. Sebagai generasi muda, hal ini pastinya sangat memotivasi kita untuk ikut berpartisipasi dan menciptakan teknologi baru lainnya sehingga dapat digunakan oleh seluruh dunia, wah impian banget bukan, guys? 

Well, sampai disini dulu ya guys artikel mengenai "Apa itu Bluetooth Beacon?". Ikuti terus artikel-artikel selanjutnya ya sobat VYV, see you..


We live in a society exquisitely dependent on science and technology, in which hardly anyone knows anything about science and technology - Carl Sagan (Science, Society, Live)

Related Posts

Apa itu Bluetooth Beacon?
4/ 5
Oleh

4 comments

Tulis comments
avatar
Anonymous
January 2, 2017 at 9:27 PM

Waaah jadi gak sbr gw nunggu teknologi ini rilis min

Reply
avatar
January 3, 2017 at 7:16 PM This comment has been removed by the author.
avatar
Anonymous
January 3, 2017 at 7:32 PM

mohon bersabar. ini ujian.

Reply
avatar
January 3, 2017 at 8:04 PM

iya, terima kasih sudah membaca:)

Reply

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung