Hebatnya Jurusan TKJ Dibanding Jurusan Lainnya

Hasil gambar untuk smk tkj

Hallo Sahabat VYV, Jumpa lagi dengan admin yang sudah tidak asing lagi kali ini admin akan membahas artikel mengenai Hebatnya Jurusan TKJ Dibanding Jurusan Lainnya. pasti dari sobat semua ada yang akan menyelesaikan sekolah di tingkat SMP dan ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya nah dari kalian semua pasti ada yang bingung mau masuk SMA atau SMK dan kalian juga bimbang dalam hal memilih jurusan. Yups tanpa menunggu lama lagi mari kita bahas.

Let's Goo...

TKJ ( TEKNIK KOMPUTER JARINGAN )

Jurusan ini sudah tidak asing lagi untuk didengar di Indonesia, jurusan TKJ termasuk jurusan favorit di hampir seluruh SMK yang ada di indonesia. pada umumnya jurusan TKJ ini selalu berhubungan dengan Komputer, Jaringan, Dan Hardware.

Apa sih yang materi khusus yang ada di jurusan TKJ?

Perakitan Komputer


Hasil gambar untuk Siswa tkj merakit

Materi yang paling dasar di jurusan TKJ adalah perakitan komputer disini para siswa akan di kenalkan terlebih dahulu terhadap jenis-jenis perangkat keras komputer dan komponen komponen yang ada dalam komputer, yang dimana para siswa dapat mengenal nama perangkat dan fungsi dari perangkat tersebut. sebelum para siswa melakukan perakitan, harus dipastikan para siswa sudah mengenal nama dan fungsi perangkat yang akan dirakit barulah para siswa akan diajarkan teknik merakit komputer yang benar dan melakukan uji hasil perakitan.

Sistem Operasi Windows Dan Linux

Hasil gambar untuk Windows dan linux

Pada materi kedua ini para siswa akan diajarkan mengenai sejarah sistem operasi linux dan windows, cara instalasi, cara melakukan partisi  harddisk, dan manajemen sistem operasi. 

Jaringan Dasar
Hasil gambar untuk Merakit kabel lan

Pada materi ketiga ini para siswa akan diajarkan materi jaringan dasar, dimulai dari perakitan kabel UTP ( Straight - Cross ) , TCP/IP, memahami jenis dan fungsi perangkat-perangkat jaringan, cara membangun jaringan local, mengenal jenis topologi jaringan, memahami prinsip kerja OSI, dan membangun jaringan client-server.

RBJ ( Rancang Bangun Jaringan )

Hasil gambar untuk rancang bangun jaringan

Pada materi keempat ini para siswa akan dikhuskan untuk mempelajari cara merancang suatu jaringan sebelum di implementasikan. para siswa akan diajari cara merancang jaringan dengan suatu aplikasi virtual yaitu cisco packet tracer. dalam materi ini para siswa dituntut untuk lebih teliti dan cermat dalam troubleshooting jika jaringan yang ia rancang mengalami masalah.

SOJ ( Sistem Operasi Jaringan )
Hasil gambar untuk Sistem operasi jaringan

Pada materi kelima ini para siswa akan diajarkan mengenai sejarah dan perkembangan sistem operasi jaringan, instalasi, dan konfigurasi dasar mengenai sistem operasi jaringan. seperti windows 2003 server, 2008, 2012, linux debian server, dan ubuntu.


Administrasi Jaringan

Hasil gambar untuk Siswa tkj

Pada Materi terakhir ini para siswa akan diajarkan mengenai menginstall dan mengkonfigurasi server, menginstall dan mengkonfigurasi aplication software, membuat dan mengelolah user, back Up dan restore file, mengkonfigurasi keamanan sistem, menggunakan tool untuk memonitor keamanan jaringan. disinilah materi dengan tingkat kesulitan yang akan dihadapi para murid SMK jurusan TKJ.


Peluang Usaha

Semua peluang dapat diciptakan oleh lulusan jurusan TKJ.  lebih dari 50 peluang yang dapat ditangkap oleh lulusan TKJ. Dunia sekarang mana ada yang tidak membutuhkan kompetensi seorang lulusan TKJ. Jika memang kompeten di jurusan TKJ, lulusan tidak akan kesusahan mencari peluang kerja, wirausaha maupun melanjutkan sekolah.

Ok, Sekian dari artikel yang simpel ini semoga para sahabat VYV mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari artikel ini, Mohon maaf bila ada salah kata dalam pembuatan artikel ini. 

Thanks, See You Later Kangbro

Related Posts

Hebatnya Jurusan TKJ Dibanding Jurusan Lainnya
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung