Apa Itu Social Engineering?

Hasil gambar untuk social engineering

Hallo sahabat VYV, Jumpa lagi dengan admin yang kalem ini, nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Social Engineering. pasti dari kalian ada yang bertanya apa itu Social Engineering atau dari kalian bahkan admin VYV ada yang sudah pernah mencoba teknik dari Social Engineering Haha becanda kok guys. Ok, tanpa basa basi yang kelamaan mari kita bahas sekarang...

Let's Goo
Apa Itu Carding?? Pengen Tau Cek Disini

Social Engineering

Social engineering adalah jenis dari manipulasi psikologis, social engineering biasa dilakukan seseorang untuk mendapatkan suatu informasi rahasia, Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon, internet, bahkan tatap muka. social engineering merupakan metode yang digunakan para hacker untuk mendapatkan informasi rahasia tentang targetnya, dengan cara meminta langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi tentang targetnya.
Social engineering mengkonsentrasikan diri pada rantai terlemah pada jaringan komputer, yaitu manusia. dalam sistem komputer tidak ada sistem yang tidak melibatkan interaksi manusia. celah keamanan ini bersifat universal yang berarti jenis serangan ini tidak tergantung pada platfrom, sistem operasi, software, dan hardware. sama halnya pada metode hacking lain, social engineering juga membutuhkan persiapan yang matang sebelum melancarkan aksinya.

Hasil gambar untuk social engineering

Kategori-Kategori Dan Teknik Dalam Social Engineering

Ada 2 kategori dalam social engineering yaitu:
  1. Human Based Social Engineering adalah jenis social engineering yang didasarkan pada sisi manusianya yaitu dengan melibatkankan individu satu dengan individu yang lain. didalam human base ini para pelaku melakukan komunikasi secara langsung dengan para korbannya.
  2. Computer Based Social Engineering adalah jenis social engineering yang didasarkan pada sisi komputasinya dengan bergantung pada software yang digunakan untuk mendapatkan data dan informasi penting mengenai targetnya.
Ada 5 teknik dalam Human Based Social Engineering yaitu:
  1. Impersonation ( Pemalsuan )
  2. Important User ( Menyamar Sebagai Orang Penting )
  3. Third Party Authorization ( Pemalsuan Otorisasi )
  4. Techhnical Support ( Menyamar Sebagai Teknisi )
  5. In Person ( Mendatangi Langsung Ke Tempat Korban )
Ada 5 teknik dalam Computer Based Social Engineering yaitu:
  1. Instant Chat Messenger
  2. Popup Windows
  3. Chain Letter
  4. E-mail Spam
  5. Phising
Faktor Utama Dalam Social Engineering

Dalam sebuah sistem keamanan jaringan komputer ataupun sistem komputasi lainnya, masih terdapat aspek-aspek penting yaitu manusia sebagai aspek keamanan. sebuah sistem keamanan komputer tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada seorang administrator yang berkompeten.
Social Engineering ini bisa terjadi karena banyak faktor, diantaranya adalah faktor kecerobohan seorang user dalam mengelola passwordnya atau bisa juga seorang hacker berpura-pura menajdi orang yang berkepentingan dalam sebuah sistem dan seolah-olah memerlukan password, akses ke jaringan, peta jaringan, konfigurasi sistem dan semacamnya untuk suatu keperluan tertentu. Masih banyak faktor-faktor lainnnya yang semua itu merupakan dari diri manusia itu sendiri.

Cara Mencegah Serangan Social Engineering

  1. Berhati-hati dalam melakukan komunikasi baik itu komunikasi dalam internet ataupun komunikasi langsung, apalagi komunikasi anda menyangkut data dan privasi mengenai perusahaan tempat anda berkerja.
  2. Adakan sosialisasi terhadap karyawan anda mengenai pentingnya sistem keamanan informasi.
  3. Bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu memperkuat sistem keamanan informasi perusahaan anda.
  4. Ada baiknya perusahaan melakukan penetration test untuk mengidentifikasi kelemahan dan celah keamanan sistem komputer anda.

Wow... Gimana para sahabat VYV mengenai pembahasan kita tentang social engineering apakah dari kalian ada yang tertarik untuk mempelajari dan mencobanya?? saya sarankan sih kalian harus mempelajarinya tapi ingat jangan sampai di salah gunakan ya para sahabat VYV.
Yaps, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai social engineering saya harap semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi sahabat VYV. 


Sekian dari artikel saya mohon bila ada kesalahan dalam penulisan artikel

Sesungguhnya Manusia Tidak Ada Yang Sempurna

Thanks, See You Nextime Kangbro...

Related Posts

Apa Itu Social Engineering?
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung