Cara pakai Garansi Laptop (elektronik) dengan tepat


pakai garansi harus tepat

Punya barang elektronik merupakan hal yang sudah lumrah pada saat ini karena hampir seluruh kegiatan manusia dibantu oleh elektronik ntah itu di sekolah, kantor, bahkan dirumah. setiap orang juga mengakui dengan bantuan elektronik pekerjaan yang dilakukan jauh lebih ringan, dapat kita contohkan seperti pada mesin ketik yang dahulu memiliki model manual dengan bobot yang cukup berat sekarang sudah digantikan dengan komputer atau laptop yang bisa dibawa kemana pun dengan berat yang jauh lebih ringan.

Ada banyak contoh nyata yang bisa kita lihat dari perkembangan model elektronik mulai dari bentuk, ukuran, kemampuan, dan harga yang ditawarkan kepada konsumen apalagi selaku pihak produsen pastinya akan selalu melakukan perkembangan terhadap hal tsb demi memenuhi tingkat permintaan konsumen.

Dalam membeli sebuah barang elektronik biasanya pihak produsen selalu memberi jaminan kepada konsumennya yang biasa disebut Garansi. contohnya seperti laptop yang memiliki garansi 2 tahun, tentu kita sudah diberikan jaminan atas kerusakan, dan perbaikan selama tenggat waktu tersebut, apakah kita anggap rugi jika tidak menggunakan hal tsb? jawabannya Iya.

Tapi tenang dulu, bukan berarti jika laptop yang kita miliki masih berkondisi baik harus kita sabotase demi mendapatkan garansi tersebut, intinya jangan lakukan hal konyol ini dan justru kebanyakan orang masih banyak yg berpaham jika laptop yang dimiliki bisa digunakan berarti masih kondisi baik. hal ini memang benar, tapi ada yang perlu dilengkapi sedikit dari pemahaman tsb. 

Lalu apa kaitannya dengan pembahasan garansi...?


Baca Juga : Cara membuat gambar artikel menarik

Ingat fungsi dari garansi itu sendiri yaitu memberi jaminan dan kenyamanan kepada konsumen termasuk kerusakan dan perbaikan. tidak perlu panjang lebar membahas mengenai garansi. yang ingin dibahas adalah bagaimana cara kita dalam menggunakan garansi tsb? apakah digunakan ketika barang tunggu rusak ? justru lebih baik kita mencegah kerusakan tersebut bukan?

Berikut Cara pakai Garansi Laptop (Elektronik) dengan tepat



  • Mengingat Waktu
Garansi hanyalah mengenai waktu, jika sudah lewat dari tenggat waktu yg ditetapkan maka garansi akan dianggap hangus oleh karena itu jika terjadi suatu hal kepada perangkat elektronik atau laptop yang kita miliki diluar garansi maka akan dikenakan biaya normal dan besar biayanya tergantung dari masalah yang didapat. Oleh karena itu sebagai pengguna yang bijak alangkah lebih baik untuk tetap mengingat berapa lama jangka waktu garansi yang diberikan produsen. 

Misalkan saja dengan garansi 2 tahun, lebih baik melakukan service dengan waktu 1 tahun sekali untuk berjaga jaga dari kerusakan terkhusus hal ini wajib dilakukan untuk perangkat komputer seperti laptop. jika tenggat waktu garansi yang diberikan lebih lama hal ini bisa kamu manfaatkan dengan melakukan service berkala terhadap perangkat milik kamu tanpa dikutip biaya otomatis hal ini akan memperpanjang umur perangkat milikmu.


  • Lokasi
Tentukan lokasi dimana untuk klaim garansi, ini penting karena tanpa kamu mengetahui lebih dahulu yang ada malah bingung. pastikan lokasi yang kamu kunjungi merupakan tempat resmi dan siap menerima klaim garansi dengan baik atas produk mereka.


  • Biaya Cadangan
Setelah menentukan kedua hal diatas, jangan lupa untuk menyediakan dana cadangan untuk persiapan. Loh bukannya produk tadi masih garansi ? tentu jika masih garansi kamu harus tetap menyiapkan beberapa dana tambahan, sebab ada sebagian produsen yang menerapkan garansinya hanya pada beberapa kasus tertentu. misalkan jika kerusakan karena kecerobohan pengguna maka si pengguna yang harus menanggung biaya atas perbaikan sekalipun itu masih dalam waktu garansi.

Cukup mengesalkan memang, tetapi itulah kenyataan yang bisa dihadapi karena beberapa produsen hanya menanggung "cacat produk" dari yang mereka buat. lebih baik sebelum menggunakan garansi, kamu harus membaca terlebih dahulu apa kasus yang mereka (produsen) terima agar garansi tersebut dapat berlaku. 

Demikian ulasan Viyovi mengenai Cara tepat pakai garansi laptop atau barang elektronik , semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara pakai Garansi Laptop (elektronik) dengan tepat
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung