Cara cek FPS saat bermain Game beserta Software yang dipakai

cek fps saat bermain game


Bermain game memanglah sangat seru, karena didalam itu kita dapat menemukan banyak cerita dari game itu sendiri serta cara bermain yang unik tergantung dari game apa yang dimainkan. bermain sebuah game bukan menjadi sebuah sarana untuk mengisi waktu atau mengatasi kebosanan pada saat ini, buktinya sudah banyak youtuber gaming yang punya nama besar karena bermain sebuah game. 

Dibalik itu juga, game ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan kita terutama psikologis. Game dianggap cara yang paling sering dilakukan banyak orang untuk menenangkan pikiran atau mengobati stres yang penting jangan jadi stres karena bermain game ya. 

Apalagi pada masa kini game sudah sangat mudah untuk ditemui karena hampir seluruh perangkat elektronik kita seperti Smartphone dan Komputer (PC) dapat mendukung sebuah permainan atau game.

Nah, perlu diketahui apabila kita bermain game di Komputer (PC) ada satu hal yang penting untuk dilakukan saat ini, istilah tersebut adalah Menghitung Frame Per Second (FPS) dari sebuah Game, apalagi sebagian besar dari kalian pasti ketika menonton review (ulasan) dari sebuah laptop terkhusus laptop gaming akan ditampilkan sebuah hasil perhitungan FPS Game tapi jangan salah pengertian dulu FPS yang dimaksud bukan sebuah kategori game ya.

Baca Juga : Cara atasi lag bermain game dengan Geforce Eksperience

Frame Per Second adalah sebuah respon dari frekuensi gambar yang ditampilkan pada layar laptop atau komputer akibat dari kinerja perangkat tersebut terkhusus pada kartu grafis (VGA) untuk mendapatkan sebuah FPS dari game diperlukan hitungan matematika antara kecepatan CPU dan VGA dalam mengolah sebuah gambar untuk ditampilkan kepada pengguna (user). 

Fungsi dari FPS ini sebenarnya cukup sederhana, FPS hanya menampilkan jumlah respon gambar pada layar komputer milik kamu, jumlah yang dimaksud merupakan sebuah angka seperti 30,45,60 Bahkan 144 tergantung dari maksimal frekuensi yang dapat diterima oleh layar milik kamu dan apabila angka yang didapat semakin tinggi maka akan semakin bagus karena gambar yang ditampilkan kelayar akan terlihat mulus. 

Untuk mengetahui FPS ini tidak bisa secara manual, kamu harus memerlukan sebuah tools atau software (perangkat lunak) yang memang dirancang untuk menghitung hal ini. Viyovi akan melampirkan daftar nama software tersebut beserta cara pemakaiannya.

Berikut Cara Cek FPS saat bermain Game dan Software yang digunakan


  • Fraps 


Software ini sebenarnya sudah umum karena banyak diketahui oleh pengguna komputer yang suka bermain game. perhitungan yang dilakukan pada software ini terbilang akurat apalagi untuk mengukur jumlah FPS pada game AAA atau istilah lain game berat. penggunaan perangkat lunak yang satu ini juga sangat sederhana hanya melalui beberapa langkah saja seperti berikut :


  1. Install Software dari situs resminya
  2. Buka software 
  3. Jalankan game 

Secara otomatis tampilan berupa angka akan berada di sisi kiri atau kanan layar dan tak lupa juga kamu bisa mengubah model dari tampilan tersebut agar lebih spesifik.

  • Nvidia Geforce Eksperience

Nvidia selaku perusahaan terbesar pada bidang perangkat pengolahan grafis yang tentunya tidak terlewat untuk hal seperti ini juga. nvidia mengeluarkan sebuah perangkat lunak bernama Geforce Eksperience agar setiap pengguna setia dari produk mereka mendapat sebuah pengalaman bermain game yang tidak mengecewakan. hal ini memang sudah menjadi fungsi utama dari perangkat lunak tersebut yang merupakan pedongkrak performa gaming pada kartu grafis yang kalian pakai dan khusus mendukung produk dari nvidia saja.

Lalu bagaimana cara menghitung atau cek FPS dari Geforce Eksperience ?

1. Buka Geforce Eksperience dan klik Settings
2. Sesudah itu akan muncul menu berikut yang terletak dibagian tengah


3.Klik atau geser tombol putih yang disebelah kanan atas, maka hasilnya akan seperti ini 


4. Klik Settings dan setelahnya akan muncul tampilan seperti berikut dan klik HUD Layout


5. Selanjutnya akan muncul pilihan FPS Counter dan silahkan atur posisi angka yang akan ditempatkan pada layar monitor kamu.


  • Steam


Pemilik pasar game terbesar didunia juga tidak luput menciptakan pilihan ini agar game yang dimainkan melalui Steam dapat berjalan sesuai perangkat yang dipakai oleh pengguna. bagi kamu yang hobi bermain game original dari steam mungkin sudah mengetahui hal ini, nah kabar gembira bagi kamu yang belum tahu sebab berikut ini cara untuk cek FPS melalui Steam 

1. Buka Steam
2. Pilih Steam > Settings lalu pilih Menu InGame.


3. Aktifkan menu yang di dalam kotak merah lalu sesuaikan posisi FPS yang kamu suka.

Sekian pembahasan Cara aktifkan FPS pada Fraps, Geforce Eksperience dan Steam , semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara cek FPS saat bermain Game beserta Software yang dipakai
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung