Ini Alasan Jurusan IT Tetap Bersaing dan Unggul di Masa Depan

kuliah jurusan it

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia, dengan adanya hal seperti ini maka setiap manusia dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada pada dirinya agar memiliki standar kehidupan yang layak ditengah lingkungan. 

Kehidupan yang layak bukan hanya sekedar materi, melainkan juga dalam hal bergaul dan memanfaatkan kemampuan yang ada dalam diri sendiri. kita pasti mengingat awal masuk ke pendidikan formal itu dimulai dari SD hingga ke Perguruan Tinggi. setelah itu baru akan masuk ke dalam fase 'mandiri' yang artinya sudah memiliki tanggung jawab pribadi terhadap diri sendiri melalui pekerjaan dan pencapaian yang diperoleh. 

Namun sebelum masuk kedalam fase tersebut ada hal sedikit yang akan dibahas mengenai pendidikan formal pada jenjang Perguruan Tinggi. ya, sebagian kamu mungkin sudah melewati tingkat pendidikan ini bahkan mungkin banyak yang sudah melanjutkan ke tingkat S2 bahkan S3. 

Perguruan tinggi khususnya di Indonesia terbagi atas dua, yaitu swasta dan negeri. jurusan yang terdapat juga tidak jauh berbeda bahkan lebih unggul dan lengkap swasta ketimbang negeri. berbicara tentang jurusan, dari kamu pasti banyak yang mendambakan jurusan kedokteran, teknik perminyakan, hukum, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Lagi cari kerja? Ini Dia 3 Situs Resmi Lowongan Kerja

Tidak ada yang salah dari jurusan tersebut tetapi ingat, ada satu jurusan yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memasuki perguruan tinggi, yaitu jurusan IT (Teknik informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi).

Kenapa harus memilih jurusan IT ..... ??

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa kita pada saat ini sedang berada di era digital. sedikit membahas perkembangan 'era', pada awalnya era yang pertama kali muncul yaitu 'era pertanian' dilanjutkan dengan 'era perindustrian' hingga pada saat ini kita hidup ditengah 'era digital'. 

Sebagian besar dari kamu sudah mengerti apa itu 'era digital'. nah bagi kamu yang belum paham, Viyovi akan memberi sedikit pengertian. era digital adalah sebuah masa perkembangan teknologi informasi terutama pada segi infrastruktur dan pemakaiannya. teknologi informasi yang dimaksud dapat berupa komputer, laptop, smartphone (gadget), kamera dan lain sebagainya yang sudah sering kita temui pada jaman ini.

kembali lagi membahas tentang jurusan IT, ada beberapa poin yang tidak kalah penting yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih jurusan yang satu ini sebab pada dasarnya jurusan ini tidak kalah saing dan tetap unggul. 

Berikut Alasan Jurusan IT Tetap Unggul dan Bersaing.


  • Lulusan IT tetap dibutuhkan perusahaan manapun
Jurusan IT memang tetap banyak diberi peluang oleh perusahaan sekelas yang biasa maupun perusahaan bonafid, gaji atau tunjangan yang diberikan juga tidak tanggung karena IT pada bidang ini memang sangat sesuai dengan perkembangan jaman apalagi bagi kamu lulusan yang sudah banyak pengalaman, dijamin perusahaan manapun akan tetap melirik kemampuanmu dan tentunya menjadi dasar untuk hidup yang lebih sejahtera.

Dan bagi yang masih belajar atau kuliah, bukan tidak mungkin untuk dapat setara dengan yang sudah berpengalaman, kamu bisa belajar secara otodidak pada bidang contohnya pemrograman web atau android sejak dini. dijamin proses itu tidak akan mengkhianati hasilnya suatu saat nanti. 

  • Banyak kesempatan ikut Sertifikasi 
Sertifikasi pada saat ini bukan sekedar formalitas tetapi sudah masuk kedalam perhitungan ketika kamu melamar kerja ke sebuah perusahaan. sertifikasi bertujuan untuk memberikan tanda atau label kepada diri sendiri bahwa sudah pernah mengikuti dan menguasai suatu bidang pada IT, misalkan seperti editing tersedia sertifikasi adobe dan corel, pada jaringan tersedia sertifikasi Cisco. hal ini patut dipertimbangkan apalagi masih kuliah.

Baca Juga : Pentingnya sertifikasi Cisco untuk jurusan IT
  • Membangun usaha
Membangun usaha bukan saja identik pada jurusan bisnis, kini pelaku usaha sudah banyak berlatarbelakang IT contohnya saja pendiri Bukalapak, Facebook, Whatsapp, Tokopedia, Sewaja kesempatan dapat datang kapan saja dan dimana saja. Istilah itu sering kita sebut 'Startup', kini model bisnis yang merambah dunia IT sedang berupaya untuk bangkit dan tidak menutup kemungkinan semua bisnis di dunia ini akan bergantung pada IT. jadi bagi kamu yang berjiwa bisnis atau enterpreneur maka pilihan yang tepat apabila memilih jurusan ini.

  • Menjadi Freelancer
Seorang freelancer kebanyakan berlatarbelakang pendidikan IT, karena pada dasarnya seorang yang berprofesi di bidang IT dapat berkesempatan memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel dan bebas, itu juga menjadi kelebihan seorang freelancer, apalagi seorang freelancer adalah pekerja lepas (tidak terikat perusahaan). jadi kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi seorang freelancer disamping pekerjaan kamu di perusahaan atau bisa jadi seorang freelancer sejati. 

  • Idaman Mertua
Menjadi seorang yang sukses memang impian semua orang, sukses dalam hal karir, sosial bahkan membangun hubungan dengan kekasih tercinta merupakan tujuan yang baik didalam hidup. terlebih pula bagi calon mertua, bukan tidak mungkin dengan kamu menjadi seorang developer web atau android bahkan menjadi seorang enterprenuer yang sukses, maka impian untuk menjalani hidup bersama sang kekasih bukanlah hal yang sulit. 

Sekian pembahasan mengenai kenapa jurusan IT tetap menjadi unggul dan idaman di masa depan, ada banyak hal lain sebenarnya yang bisa diungkapkan lewat jurusan ini tetapi contoh diatas merupakan beberapa fakta yang memang sudah terbukti lewat perkembangan IPTEK yang sering kita alami pada masa kini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Ini Alasan Jurusan IT Tetap Bersaing dan Unggul di Masa Depan
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung