Apa Sih Scam Itu??


Hallo sahabat VYV, Jumpa lagi dengan admin yang katanya sangat solider dengan kawan-kawannya ini. #KATANYA nah pada pertemuan kali ini saya akan membahas sedikit materi-materi mengenai cyber crime, yaitu Scam Page. pasti dari kalian ada yang sudah mengenal nama ini atau belum? Ok saya anggap saja kalian belum mengenal ya, scam adalah 1 dari beberapa teknik-teknik penipuan yang ada didunia maya. Penasaran? hahaha oke tanpa basa basi yang kelamaan mari kita bahas secara rinci...

Disini admin tidak ada maksud untuk mengajarkan hal-hal yang negatif, artikel ini hanya bertujuan untuk membuat anda lebih waspada terhadap kejahatan yang ada di dunia maya.
Let's Goo...

SCAM

Scam adalah satu dari beberapa jenis-jenis penipuan yang ada di dunia maya, metode ini biasa dilakukan per individu maupun kelompok. scam merupakan berita elektronik yang sifatnya hanya untuk membohongi yang dimana si pengirim berita elektronik palsu tersebut akan mendapatkan keuntungan.
contoh scam yang dapat kita jumpai sekarang ini adalah pemberitahuan berita elektronik palsu yang mengatasnamakan sebuah perusahaan yang bernama " PePal " dalam hal ini akibat yang ditimbulkan dari scam ini adalah berita elektronik palsu tersebut akan terlihat seperti aslinya dan membuat korbannya menjadi lebih percaya terhadap berita elektronik palsu tersebut (Nama perusahaan sengaja saya samarkan)

Dalam bahasa inggris scam diartikan juga sebagai "confidence trick or confidence game" sehingga hal ini dapat membuat si penerima merasa yakin bahwa surat elektronik yang ia terima memang berasal dari perusahaan tersebut.

Scam juga dikategorikan dalam phising yaitu proses pengambilan data-data penting melalui sebuah halaman website tiruan tertentu seperti : Bank login, Pepal login, & Site belanja online ternama. dengan halaman website tiruan tersebut para korban akan akan terkecoh dan akan memasukkan data-data penting kita, data yang sering di incar pelaku adalah: Credit card & Pepal account.

Teknik-Teknik Yang Biasa Dilakukan Dalam Scam

  • Mailist adalah daftar email yang akan menjadi target scampage, cara mendapatkan maillist dengan menggunakan cara menjebol/mendump database website. biasanya untuk melakukakan cara ini dapat menggunakan aplikasi Sql dumper.
  • Domain/Subdomain disini para pelaku akan menggunakan domain .com agar para korban akan merasa lebih percaya terhadap situs yang telah dikirimkan pelaku. untuk penamaan website biasanya pelaku menggunakan nama dari perusahaan atau bank contohnya seperti: account.pepal.com
  • Letter merupakan isi dari surat elektronik palsu yang akan dikirimkan ke daftar email yang telah  didapatkan dari hasil dumper database website.
  • Script Scam adalah sejenis kodingan website yang telah diedit sedemikan rupa, dan script inilah yang akan diupload ke hosting untuk menjadi tampilan website palsu tersebut.

Ok, sahabat VYV sekali lagi diartikel ini saya tidak bermaksud untuk mengajarkan hal yang negatif, artikel ini saya buat hanya untuk bertujuan agar para sahabat VYV menjadi lebih waspada terhadap kejahatan-kejahatan yang ada di dunia maya contohnya ya scam ini.
Wow.. gimana sahabat VYV mengenai artikel kita ini, ternyata kejahatan dunia maya itu sangat menyeramkan dan menyebalkan ya. untuk itu kalian para sahabat VYV harus lebih waspada ya terutama dalam menerima email dari pengirim yang pantas diragukan.

Sekian dari artikel saya mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel

Sesungguhnya Manusia Tidak Ada Yang Sempurna

Thanks, See you nextime kangbro...

Related Posts

Apa Sih Scam Itu??
4/ 5
Oleh

3 comments

Tulis comments
avatar
Anonymous
January 18, 2017 at 12:19 PM

master tobat. sekarang jadi blogger :( aku apalah.

Reply
avatar
January 19, 2017 at 8:40 AM

Bos saya pernah BBM nya kena hack gara-gara ada yg BC nyebarin berita pas di klik website nya nyuruh masukin email sama sandi nya dulu, kayanya gampang banget ngehack hmmmm

Reply
avatar
00
January 19, 2017 at 11:11 AM

Hmmm... mungkin aja ente kena metode phising lain kali hati2 aja mas, sebenarnya metode hacking itu gampang dipelajari karena ada niat yang kuat dari diri kita sendiri haha

Reply

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung