Li-Fi,Teknologi Baru Pengganti Wi-Fi

Hai sobat VYV!!!
Kali ini kita akan membahas mengenai Li-Fi yang digadang-gadang akan menggantikan peran dari Wi-Fi yang biasa kita temui di rumah-rumah ataupun dicafe-cafe.
Hmmm apa sih Li-Fi itu? kok bisa sih dia mau mengantikan peran Wi-Fi?
Yok langsung kita bahas.


Li-Fi (Light Fidelity) adalah sebuah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan cahaya sebagai media transmisi datanya.berbeda dengan Wi-Fi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya.Teknologi LI-Fi ini mampu metranfer data hingga 100 Gbps. Sangat cepat jika dibandingkan dengan Wi-Fi yang kecepatannya hanya berkisara 100-200 Mbps. Bayangkan Dengan Kecepatan Segitu mendownload apapun pasti hanya dalam hitungan detik.

Li-Fi pertama kali diperkenalkan oleh Professor Harald Hass Pada tahun 2011.Dia ingin mengubah lampu-lampu yang ada di seluruh dunia menjadi alat transmisi data nirkabel(Wireless Routers).Dan pada Tahun 2012 dia pun medirikan Pure Li-Fi.Pure Li-Fi adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi Li-Fi.Dan selanjutnya terbentuk juga Li-Fi Consortium yang merupakan organisasi non-profit dari untuk pengembangan Li-Fi tersebut

Professor Harald Hass telah membuktikan bahwa data dapat ditranmisikan menggunakan berbagai spectrum cahaya.Li-Fi menggunakan gelombang Infra-Red dan Ultra-Violet(cahaya tampak) untuk pengirimin datanya.Infra-Red dan Ultra-Violet digunakan karena dapat membawa lebih banyak data jika dibandingkan dengan gelombang radio.Hal ini lah yang menjadikan LI-Fi lebih cepat dari Wi-Fi.

Saat ini,Li-Fi difokuskan menggunakan LED sebagai komunikasi datanya .LED digunakan karena Efisiensinya,mengingat LED yang ramah lingkungan dan berumur panjang dan juga sudah mulai banyak digunakan di rumah-rumah dan dikantor kantor sebagai alat penerangan.

Bagaimana Cara Kerjanya?


LI-Fi menggunakan LED untuk mentranfer data yang mana cahaya dari LED tersebut dapat berkedip dalam hitungan nanosecond sehingga tidak dapat dilihat mata manusia,kedipan cahaya dari LED tersebut seperti sandi morse yang mewakili bilangan biner(0 dan 1) yang mana bilangan biner tersebut akan mewakili data yang akan dikirim.Begitu cahaya dari LED tersebut dipancarkan alat yang bernama foto detektor akan mendeteksi cahaya tersebut dan menerjemahkannya menjadi sebuah informasi berdasarkan data yang diwakili oleh bilangan biner tadi.
Kelebihan dari teknologi Li-Fi tersebut adalah kemudahan akses internet di daerah-daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau kabel optik dan kecepatan transmisi datanya yang sangat cepat,tapi bukan berarti Li-Fi tidak punya kelemahan,kelemahan utama Li-Fi adalah jangkauan Sinyalnya yang hanya mencakup satu ruangan,karena sifat cahaya yang tidak bisa menembusa dinding.

Dan teknologi Li-Fi masih memiliki beberapa tantangan diantaranya Li-Fi yang diterapkan secara base station pada langit-langit ruangan ini membutuhkan Direct line of sight atau pandangan langsung ke perangkat tujuan.Direct line ini ternyata juga harus dilengkapi receiver khusus,seperti koneksi Infra-Red.Selain itu perangkat tujuan tidak boleh dipindah-pindahkan.Tantangan lainnya yaitu sinar matahari ataupun sinar-sinar lain yang ada disekitarnya ,dimana sinar matahari atau sinar-sinar lain tersebut adalah penghalang atau penggangu suatu aliran data.sehingga Li-Fi belum bisa digunakan diluar rumah,tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung ataupun tempat-tempat yang terkena sinar-sinar lainnya .
Dan masih banyak tantangan lain yang harus dihadapinya.

Hal ini lah yang membuat Li-Fi belum bisa digunakan secara umum,Karena masih banyak kekurangan yang dimilikinya,dan tidak praktis,namun dengan kecepatannya tersebut para peneliti berharap teknologi ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk aplikasi lain.
Oke sekian dulu info dari mimin ya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Thanks!!!

Related Posts

Li-Fi,Teknologi Baru Pengganti Wi-Fi
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung