Mengenal Lebih Dekat Mikrotik RouterOs!


Hallo sahabat VYV, Jumpa lagi dengan admin yang Kalem ini sudah tidak asing lagi bagi sahabat VYV, ok pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tuntas mengenai Mikrotik RouterOs. mungkin sebagian dari sahabat VYV sudah ada yang mengenal nama Mikrotik ini, Yaps nama mikrotik tidak terdengar asing lagi bagi kalian yang bergelut di profesi yang berhubungan dengan jaringan komputer. 
Ok tanpa basa-basi yang kelamaan mari kita bahas sekarang...

Apa Sih Perangkat Router Itu? Kamu Wajib Baca Yang Satu Ini

Let's Goo...

Mikrotik RouterOs Adalah sistem operasi/ perangkat lunak yang dapat menjadikan sebuah PC menjadi PC Router yang berfungsi sebagai penghubung 2 jaringan yang berbeda dan pengatur lalu lintas jaringan. pada umumnya Mikrotik ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan jaringan/ ISP (Internet Service Provider ) untuk menjalankan router network.

Router Mikrotik juga  terbagi dalam 2 kategori yaitu:
  1. Mikrotik RouterOs
  2. Mikrotik RouterBoard
Mikrotik RouterOs Adalah sebuah sistem operasi/perangkat lunak yang bila ingin digunakan, anda harus melakukan instalasi pada PC agar bisa dijadikan PC Router.

Mikrotik RouteBoard Adalah sebuah perangkat jaringan yang berbentuk fisik, pada routerboard anda tidak perlu lagi melakukan instalasi sistem operasi MikrotikOs lagi. dari segi hargapun MikrotikRouterboard masih bisa dijangkau oleh masyarakat karena harganya yang tidak terlalu mahal.

Berikut kelebihan dan kekurangan Mikrotik RouterOs:

Kelebihan:
Sistem operasi ini dibangun dengan menggunakan linux yang sifatnya open source, sehingga bisa dibilang harganya yang murah dan terjangkau. Kemudian dengan menggunakan mikrotik ini, bisa mendeteksi berbagai macam ethernet dari vendor yang ada, sehingga penggunaan dari mikrotik ini tergolong user friendly, dan tidak menyebabkan user mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

Kekurangan:
Kekurangan dari Mikrotik RouterOs ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal tidak seperti halnya dengan Cisco yang sertifikasi nya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan Mikrotik mempunyai kekurangan.

Berikut kelebihan dan kekurangan Mikrotik RouterOs jika digunakan pada PC:

Kelebihan:
  • Dibandingkan dengan router dari vendor lain, Mikrotik ini sangat cocok dan sifatnya kuat jika dijadikan sebuah router dalam komponen yang cukup besar, apalagi jika dilihat secara fisiknya sebuah router Mikrotik.
  • Apabila kita mengalami sebuah kendala, contohnya semua komponen dari Router rusak, tetapi harddisk nya masih bisa digunakan, maka bisa dikategorikan aman, karena data tidak akan hilang.
  • Lebih user friendly apabila kita ingin memodifikasi dalam spek yang lebih tinggi untuk proxy server.
  • Kemudian untuk proses format, Mikrotik ini cenderung paling mudah dibanding router lain. Karena, tinggal tinggal burn disk mikrotik lalu bisa dilakukan format seperti biasanya.
Kekurangan:
  • Sulit untuk melakukan resetting apabila kita lupa dengan passwordnya.
  • Membutuhkan banyak tempat untuk memasang.
  • Membutuhkan banyak daya listrik.
  • Sering sekali terjadi bad sector pada harddisk.
  • Sedikit terlalu menyusahkan apabila dibawa kemana-mana apalagi ke tempat yang jauh.
Oke, sampai disinilah artikel kita mengenai Mikrotik RouterOs saya harap informasi yang saya bagi ini menjadi bermanfaat bagi sahabat VYV. untuk kalian yang ini memulai belajar Mikrotik dari dasar saya rekomendasikan sih menggunakan Mikrotik RouterOs ini dulu, kenapa? karena jika hanya untuk mempelajari dasar-dasar Mikrotik, sistem operasi ini sudah memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap dan tidak jauh beda dari perangkat Routerboardnya.

Ok sekian dari artikel saya, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan

Karena Sesungguhnya Manusia Tidak Ada Yang Sempurna

Thanks, See You Next Time Kangbro...

Related Posts

Mengenal Lebih Dekat Mikrotik RouterOs!
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung