Cara Mengubah Versi Firmware Game Playstation 3 (PS3) CFW

mengubah firmware game ps3 CFW

Berbicara tentang Playstation 3 (PS3) ada banyak yang bisa kita bahas dari produk legendaris Sony ini. sudah keluar dari tahun 2006 yang juga sekaligus pada era tersebut, game sudah mulai ikut berkembang seperti pemakaian struktur High Definition (HD), kepingan cd sudah Bluray, mendukung teknologi 3D dan lain sebagainya.

Disaat itu game yang terdapat pada PS3 masih memakai kepingan Bluray dan biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi, wajar saja sewaktu itu Bluray pertama kali dimasukkan ke dunia game, bahkan sampai sekarang pun harga kepingan Bluray juga masih cukup mengigit dompet (tergantung tingkat ekonomi). 

Kualitas dari Bluray memang patut diacungi jempol karena dapat memuat game dengan kapasitas besar dengan kualitas yang sangat baik, daya tahan dari Bluray juga tidak perlu diragukan karena cukup tahan lama jika pemakaian sewajarnya. 

Bertahun kemudian, sistem dari Playstation 3 (PS3) sudah berhasil dibajak oleh para hacker dan cracker yang mana bertujuan untuk mendapat keuntungan serta memanfaatkan momentum dari para penikmat game gratis sejak saat itulah PS3 memakai Custom Firmware (CFW). hal ini sudah menjadi bukti nyata hingga sekarang game kekinian seperti pada Playstaion 4 (PS4) yang turut serta sudah berhasil dibobol sistem keamanannya oleh mereka.
Baca Juga : PS4 Bajakan sudah ada dan link download gamenya
Pada umumnya game original milik konsol Playstation memiliki istilah region hal ini dibuat untuk menentukan dari daerah mana si pengguna memainkan game tersebut tujuannya agar setiap pengguna yang memiliki region yang sama dapat bermain ketika mode online. cukup dengan membeli Game Bluray dan Memasang Koneksi internet yang cepat, kamu sudah bisa menikmatinya.

Berbeda dengan game bajakan atau copy yang mana setiap penggunanya harus memperhatikan beberapa hal berikut :


  1. Versi Firmware konsol khususnya PS3
  2. Kode Region (BLES/BLUS/BCES)
  3. Mendukung file ISO atau tidak

Ketiga hal diatas menjadi acuan penting dalam memainkan sebuah game bajakan di PS3, seperti yang kita ketahui alat pembajak (jailbreak/CFW) pada PS3 yang cukup beragam seperti E3 ODE Pro, Multiman memang meminta format file yang berbeda pula. Contoh saja seperti E3 Ode Pro file game yang dapat dibaca hanya dalam bentuk ISO dan harus diubah (convert) melalui tools resmi dari mereka begitu pun yang lainnya semua memiliki cara masing masing.

Kode region juga mendapat aspek penting didalam sebuah game bajakan, meski tidak bertujuan untuk dapat bermain secara online tetapi didalam hal ini ada struktur yang membedakan seperti Bahasa dalam game, DLC, dan beberapa versi game yang sudah diupgrade dari versi biasanya. semua tergantung dari pilihan si user (pengguna) dan dapat atau tidak dijalankan pada konsol.


Baca Juga : 5 Keuntungan punya Konsol Game (PS3/PS4) Bajakan

Nah, yang terakhir yaitu Versi Firmware PS3, hal ini berfungsi untuk menampung beberapa fitur terbaru secara resmi dari sony (sekarang sudah tidak diperbarui).  selain itu ada juga beberapa game yang mengharuskan versi Firmware tertentu agar dapat dijalankan pada mesin konsol yang kamu miliki. sebelum mengubahnya, kamu harus melihat versi firmware nya terdahulu ya dan bisa dilihat melalui Settings > System Settings > Lihat pada System Software


Lalu bagaimana cara menyesuaikannya dengan versi game......? sebab rata rata game copy (bajakan) mengharuskan untuk mengubah versi firmware game agar sesuai dengan firmware mesin PS3 CFW.

Berikut Cara Mengubah Versi Firmware Game PS3 CFW

Bagi kamu pengguna (user) bajakan patut berbahagia karena kali ini Viyovi memberikan sebuah tips ampuh agar kamu dapat bermain sepuasnya.

  • Download Param SFO Editor
  • Buka File..


  • Setelah itu, klik tombol folder diatas yang bewarna hitam tepat berada disamping 'Title ID'. 
  • Buka file game yang akan diubah dan cari file bernama 'PARAM SFO'


  • Sesuaikan versi firmware dalam game dengan mesin PS3 agar dapat dibaca. ingat hal ini cukup mempengaruhi ketika proses booting game sedang berlangsung. jika tidak, maka akan terjadi beberapa pesan eror yang menandakan kamu harus menyesuaikan versi dari firmware game dengan mesin tersebut lebih dahulu.
Sekian tips teknologi seputar Playstation 3 yang sudah Viyovi rangkum. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara Mengubah Versi Firmware Game Playstation 3 (PS3) CFW
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung