Kartu Grafis (VGA) ideal dan cocok untuk Laptop Gaming

vga untuk laptop gaming

Laptop Gaming sudah bukan barang baru untuk jaman sekarang, laptop jenis ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2008. laptop ini mulai terkenal atau naik daun pada awal tahun 2015, banyak produsen elektronik seperti asus, acer, HP, dan MSI melirik pasar ini karena permintaan masyarakat yang tinggi akan laptop jenis ini. 

Bukan sekedar itu saja, memang sudah terbukti nyata pada jaman sekarang istilah 'gaming' sudah melekat pada pikiran anak muda bahkan orang tua sekalipun. istilah ini dipakai untuk orang yang suka bermain game, seperti yang kita tahu pada awalnya game hanya bisa ditemukan pada perangkat dan tempat tertentu saja seperti pada Handphone dan Rental playstation. 

Seiring perkembangan pasar dan jaman, kini istilah tersebut dapat dipakai dimana saja dan kapan pun apalagi dengan munculnya laptop gaming justru menambah ruang gerak atau mobilitas para pecinta game untuk dapat bermain game dimana mereka mau. 

Lalu apakah yang menjadi keunggulan utama pada laptop jenis ini..? 

Pembahasan mengenai laptop gaming sebenarnya sudah saya bahas pada artikel 'Kenapa harus laptop gaming ?' disitu sudah saya paparkan dengan jelas kenapa harus memiih laptop jenis itu dan siapa target pasarnya. 

Baca Juga : Ini Alasan harus pilih Laptop Gaming

Setelah membahas mengenai ketangguhan laptop gaming dari sisi spesifikasi baik itu Prosesor, HDD, SSD, RAM dan fitur canggih lainnya. ada sebuah pembahasan yang tak kalah unik dari spesifikasi laptop gaming yaitu Kartu Grafis (VGA). 

Lantas apa keunikan pada VGA setiap laptop gaming ? bukannya sudah terkhusus dirancang untuk gaming ? 

Berikut Kartu Grafis (VGA) ideal dan cocok untuk Laptop Gaming 

Dari segi manapun laptop gaming memang sudah sengaja dirancang lebih menarik dibanding dengan laptop casual atau laptop biasa pada umumnya. kata lebih menarik ini juga bisa kita lihat secara langsung seperti pada spesifikasi, aksesoris dan fitur yang menjadi andalan utama dari setiap laptop gaming yaitu adanya LED backlight keyboard.

Bahan atau material yang digunakan juga sedikit banyaknya berbeda seperti menggunakan komponen campuran antara aluminium, rubber, dan plastik. hal ini juga memperkuat daya tahan dari laptop gaming agar tetap kokoh menghadapi masalah yang dapat terjadi sewaktu waktu yang mungkin diakibatkan oleh si pengguna (user) 

Kembali lagi membahas tentang Kartu Grafis (VGA), disini merupakan letak kedua dari pembeda laptop gaming selain daripada harganya. semakin tinggi seri VGA yang dipakai pada laptop gaming maka dipastikan laptop tersebut pasti dijual dengan harga yang lebih tinggi pula. hal itu sudah mutlak karena kekuatan dari VGA yang ditawarkan juga berbeda pada setiap proses kerjanya baik itu untuk gaming dan rendering.

Seperti yang kita tau, rata rata laptop gaming dipasang VGA dari si 'mata hijau' alias Nvidia dan tidak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan si 'kubu merah' juga gencar menanamkan VGA milik mereka untuk bertanding melawan si 'mata hijau'. 

Nah, lalu seperti apa Kartu Grafis (VGA) yang cocok untuk pengguna laptop gaming. berikut poin pembahasannya

  • 800 dan 900(M) Series
Pada awal naik daun, jajaran laptop gaming memang sedang berada pada masa dimana VGA masih menggunakan seri 800 sampai 900 dari si 'mata hijau'. hal ini terbukti sangat efektif dan banyak menyedot perhatian gamer dikala itu yang berlomba lomba ingin memiliki perangkat laptop gaming. 

Banyak game yang berhasil dioptimalkan dengan seri VGA seperti ini, apalagi game AAA yang memang membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi agar dapat dijalankan. hingga sekarang pun jajaran seri kartu grafis seperti ini masih bisa menjalankan game terbaru yang sedang hits seperti Playerunknown's Battleground (PUBG), Fortnite, dan beberapa game kompetitif lainnya. tidak lupa juga kamu harus bisa mengoptimalkan kinerja dari kartu grafis jenis ini dengan Geforce Eksperience agar pengalaman bermain game kamu semakin seru.

Baca Juga : Cara setting PC dan Laptop dengan Geforce Eksperience


  • 10 Series
Sebagai seri VGA terbaru, GT 10 series memiliki beragam macam keunggulan dibanding pendahulunya, seperti adanya fitur GSync. kecepatan VGA pada seri ini juga ditambah mengingat persyaratan untuk menjalankan game dari waktu ke waktu secara optimal juga semakin tinggi.

Hal tersebut terbukti karena keluaran laptop gaming terbaru sekarang ini sudah ditanamkan VGA jenis ini. mungkin kamu dapat bermain game terbaru dengan bebas sekarang ini tetapi untuk kedepan harus ingat untuk tetap mengoptimalkan dengan Geforce Eksperience agar perangkat atau laptop gaming kamu berjalan sesuai kemampuannya.

Dari kedua poin diatas dapat disimpulkan bahwa idealnya dalam pemilihan sebuah VGA pada laptop gaming tergantung dari penggunaan. jika kamu ingin bermain game dengan standar setting rata kanan atau maksimal pilihlah 1060 dan diatasnya. pada posisi VGA seperti itu kamu juga bisa beralih seperti menjadi seorang animator yang menggunakan software blender animasi dan beragam pekerjaan lain yang membutuhkan tenaga VGA maksimal.

Hal berbeda jika kamu ingin sekedar merasakan pengalaman bermain game di laptop pilihlah sesuai standar atau entry level seperti seri 1050 tanpa keharusan dapat menjalankan game dengan settingan tertinggi (maksimal). disamping itu juga kamu sudah mendapat nilai lebih karena pada seri VGA mulai dari 800 series sudah dapat diajak untuk bekerja dalam dunia video editing seperti Adobe premier, Sony Vegas, After Effect

Jadi masalah ideal dan cocok untuk VGA pada laptop gaming ada dipenggunaan dan budget (uang) yang kamu miliki, semakin tinggi uang yang kamu punya maka lebih baik pilih seri laptop yang demikian pula dan harus tetap dapat digunakan secara maksimal. tetapi satu hal yang perlu diingat laptop sekalipun kelas gaming masih tetap unggul sebuah PC karena tenaga pada laptop tentunya tidak sebesar PC tetapi keunggulan dari laptop juga bisa didapatkan seperti pada mobilitas atau ruang gerak bebas sehari hari baik itu digunakan di kantor, rumah, sekolah atau sekedar tempat untuk nongkrong.

Sekian pembahasan Viyovi mengenai Kartu grafis yang cocok dan ideal untuk laptop gaming. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Kartu Grafis (VGA) ideal dan cocok untuk Laptop Gaming
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung